Kamis, 09 Maret 2023 00:28

DPRD Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Wajo Lakukan Penebaran Ikan Baronang

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
 DPRD Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Wajo Lakukan Penebaran Ikan Baronang

"Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan,"

RAKYATKU.COM, WAJO - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wajo H. Nasfari mengatakan kini pihaknya sedang melaksanakan program "restocking" jenis ikan Baronang yang hampir punah.

"Alhamdulillah ini hasil kunjungan komisi II DPRD Wajo beserta Dinas Perikanan Wajo di Instalasi Pembenihan Udang Barru," ungkap Nasfari pada Rabu (8/3/2023).

Menurut Nasfari, kegiatan Restocking Ikan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2023 kemarin dengan dihadiri oleh Kabid Penangkapan Dinas Perikanan Wajo dan penyuluh perikanan Wajo dengan jumlah bibit yang ditebar sebanyak 2 juta ekor yang berasal dari hasil pembenihan di Instalasi di Barru.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

"Jumlah bibit yang ditebar sebanyak 2 juta ekor yang berasal dari hasil pembenihan di instalasi di Barru.," katanya.

Program tersebut, tambah dia, merupakan strategi untuk meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Wajo, selain memberikan bantuan program lainnya di beberapa kecamatan di Kabupaten Wajo.

"Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan," katanya.

Baca Juga : JDIH DPRD Wajo Raih Pujian Terbaik dari Kanwil Kemenkumham Sulsel

Sementara Ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Wajo H. Sudirman Meru mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada Komitmen Balai terkait Implementasi program restocking yang dijanjikan dari hasil kunjungan kemarin.

"Alhamdulillah, hasil kunjungan kemarin dapat respon dan membuahkan hasil. Selanjutnya kita kembangkan secara positif," ujar legislator senior PAN ini.

Kata dia, tujuan kegiatan penebaran ikan (restocking) di perairan umum untuk meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum dan meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.

Baca Juga : Penguatan Kinerja Pengawasan, Komisi III DPRD Wajo Gali Strategi dari DPRD DKI Jakarta

"Adanya program restocking dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkatan pendapatan dari sektor perikanan," katanya.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo #kemakan Wajo #Amran Mahmud