Rabu, 08 Maret 2023 18:20

Souvenir Piala Dunia U-20 2023 Diproduksi dengan Bahan Baku Lokal dan Melibatkan UMKM

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: PSSI)
(Foto: PSSI)

Semua souvenir yang dijual berasal dari 95 persen bahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara juga melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

RAKYATKU.COM -- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan Indonesia siap menggelar Piala Dunia U-20 yang tinggal 73 hari.

Terpilihnya PT. Juara Raga Adidaya (JUARAGA) lewat produknya apparel Juara sebagai pemegang lisensi merchandise resmi untuk Piala Dunia U-20 2023, menurut Erick sebuah terobosan karena produk lokal bisa terlibat di hajatan akbar yang akan diselenggarakan di Indonesia.

"Piala Dunia U-20 tinggal 73 hari lagi, saya rasa ini persiapan tercepat yang pernah saya emban dan juga pak Menpora Zaenuddin Amali. Kita perlu kerja keras bersama, waktu yang mepet bukan alasan tidak bisa. Peluncuran menchandise Juara adalah bagian dari kita untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA yaitu kejuaraaan dunia U-20. Ayo, segera viralkan," ujar Erick yang juga Ketua LOC (Local Organizing Committee) di acara peluncuran menchandise di Atrium Mall FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga : Terkait Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ini Pernyataan Presiden Jokowi

Dalam acara yang dihadiri Menpora, Zaenuddin Amali, yang juga wakil ketua PSSI, Erick menyatakan masyarakat Indonesia bisa dibilang beruntung bisa menyaksikan langsung Piala Dunia U-20.

Ajang yang melibatkan 24 negara ini menjadi pentas yang membuka jalan bagi pemain-pemain belia dunia untuk menjadi superstar di masa datang.

“Banyak bintang dilahirkan di event ini, setelah mereka menjadi juara. Ambil contoh Diego Maradona bersama Argentina di edisi 1978 dan banyak lagi yang lainnya. Artinya apa, turnamen adalah turnamen yang sangat luar biasa untuk kita semua melihat calon-calon bintang sepak bola dunia. Jangan kaget kalau di kejuaraan saat ini nanti banyak juga klub-klub besar mengirimkan talent scoutingnya,” ucap Erick.

Baca Juga : Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ketum PSSI: Saya Sudah Berjuang Maksimal

Hal yang utama menurut Erick, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 bisa sukses. Indonesia akan dikenang sebagai negara yang sukses sebagai tuan rumah.

“Event ini harus kita dorong agar semua rakyat Indonesia bisa melihat ini sebuah event yang sangat besar. Saya minta dukungan dari Pak Menpora karena waktunya tinggal 73 hari. Tetapi sangat penting bagaimana memang negara hadir di event terbesar ini, tanpa dorongan negara, tanpa dorongan komunitas sepak bola, tanpa kerja sama FIFA saya rasa ini sesuatu yang mustahil. Tetapi Insya Allah ini bisa kita lakukan kalau kita bersatu, mohon dukungan, mohon juga viralkan, mohon juga promosikan bahwa ini kesempatan kita mengibarkan bendera Merah-Putih secara dunia," jelasnya.

Apparel lokal, Juara, dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Sebanyak 53 jenis merchandise siap dijual ke masyarakat. Juara yang berada di bawah naungan PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) akan menyediakan beragam souvenir Piala Dunia U-20 2023. Souvenir yang bakal dijual nantinya adalah T-Shirt, jersey, jaket, topi, sendal dan sebagainya.

Baca Juga : FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Semua souvenir yang dijual berasal dari 95 persen bahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara juga melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

CEO Juara, Mochtar Sarman, mengucapkan terima kasih kepada FIFA yang telah mempercayakan pada pihaknya untuk menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-20 2023. Menurut Mochtar Sarman, souvenir yang tersedia sudah memiliki standar internasional.

"Saya berterima kasih kepada FIFA dan PSSI yang telah mempercayakan kami dan menunjuk kami sebagai official merchandise U-20. Lewat produk-produk yang 95 persen diproduksi dalam negeri dengan 53 jenis kategori produk, memiliki desain menarik dan kualitas terbaik," kata Mochtar Sarman.

#Souvenir #Piala Dunia U-20 2023