Rabu, 01 Maret 2023 17:45

Kekerasan Pemukim Israel Menyebabkan Rasa Sakit yang Luar Biasa Kata Dubes AS

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemandangan mobil yang dibakar pemukim Yahudi saat kerusuhan tadi malam di Huwara, di Tepi Barat, dekat Nablus, 27 Februari 2023 (foto: ERIK MARMOR/FLASH90)
Pemandangan mobil yang dibakar pemukim Yahudi saat kerusuhan tadi malam di Huwara, di Tepi Barat, dekat Nablus, 27 Februari 2023 (foto: ERIK MARMOR/FLASH90)

“Saya kira tidak ada orang Israel yang akan bangga melihat para pemukim membakar mobil dan menghancurkan jendela, itu tidak membuat kami bangga atau bahagia dalam keadaan apa pun,”

RAKYATKU.COM - Kekerasan pemukim "menyebabkan rasa sakit yang luar biasa," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Israel, Tom Nides saat ia bergabung dengan kecaman internasional terhadap amukan warga Yahudi di kota Huwara Palestina di mana puluhan rumah dan mobil dibakar.

“Saya kira tidak ada orang Israel yang akan bangga melihat para pemukim membakar mobil dan menghancurkan jendela, itu tidak membuat kami bangga atau bahagia dalam keadaan apa pun,” kata Nides ketika dia berbicara singkat di Institut Studi Keamanan Nasional Universitas Tel Aviv, hanya dua hari setelah serangan, di mana seorang pria Palestina terbunuh.

Nides menggarisbawahi pentingnya mencegah kekerasan lebih lanjut, terutama saat emosi meningkat selama bulan Ramadhan yang dimulai pada 22 Maret.

Baca Juga : Kemenag dan Baznas kirim 10 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

“Ini akan menjadi periode waktu yang sangat rumit yang siap kami jalani, kami harus menjaga segala sesuatunya setenang mungkin, untuk mencegah hal-hal di luar kendali, yang dapat dengan mudah terjadi,” katanya.

Beberapa jam sebelumnya Perwakilan Khusus Departemen Luar Negeri untuk Urusan Palestina Hady Amr mengunjungi Huwara dan menyerukan Israel untuk mengambil tindakan terhadap serangan main hakim sendiri.

“Kami ingin melihat pertanggungjawaban penuh dan tuntutan hukum dari mereka yang bertanggung jawab atas serangan keji ini dan kompensasi bagi mereka yang kehilangan harta benda atau terkena dampaknya,” kata Amr.

Baca Juga : Masyarakat Luwu Utara Kirim Donasi untuk Palestina

Dia menyatakan belasungkawa dan “mengutuk kekerasan berskala luas yang tidak dapat diterima oleh para pemukim,” kata Kantor Urusan Palestina AS setelah kunjungan tersebut.

Wakil Ketua Fatah Mahmoud Aloul mengatakan kepada Amr bahwa perlindungan internasional diperlukan untuk menjaga keamanan warga Palestina.

“Kami mengandalkan peran pemerintah AS dalam menghentikan kekerasan di wilayah tersebut,” kata Aloul menurut kantor berita Palestina WAFA.

Baca Juga : Korban Tewas di Palestina Tembus 14 Ribu Orang, 5.600 Anak-anak

Amr juga mengunjungi Temple Mount, yang dikenal umat Islam sebagai al-Haram, al-Sharif untuk menegaskan komitmen pemerintahan Biden terhadap status quo dan untuk membahas cara-cara memastikan Ramadhan yang damai.

Di New York, Dewan Keamanan PBB diharapkan mengadakan penghiburan tertutup atas serangan Huwara.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell juga mengutuk serangan Huwara dan serangan teror Palestina, menyatakan bahwa dia telah berbicara dengan pejabat Israel dan Palestina tentang perlunya memulihkan ketenangan.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

Baerbock Jerman mengutuk teror Palestina, amukan pemukim Israel
Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock menyatakan keprihatinannya saat bertemu dengan mitranya dari Israel Eli Cohen di Berlin pada hari Selasa.

"Simpati kami... ditujukan kepada para korban aksi balas dendam, aksi pembalasan di kota Huwara Rumah dan mobil dibakar, keluarga yang tidak bersalah ditinggalkan dalam keadaan kaget dan ketakutan," kata Baerbock.

Dia dengan tajam mengutuk dua serangan teror Palestina di Tepi Barat pada hari Minggu dan Senin yang merenggut tiga nyawa orang Israel, dengan menyatakan bahwa mereka “dibunuh karena mereka orang Israel, karena mereka berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Tidak akan pernah ada pembenaran untuk teror semacam itu.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Tapi Baerbock juga menentang serangan balasan terhadap Huwara pada Minggu malam, di mana seorang pria Palestina terbunuh.

“Tindakan pembalasan dan balas dendam seperti itu semakin memperburuk situasi yang sudah tegang dan orang yang bertanggung jawab harus diadili. Harus ada kesempatan untuk mewujudkan keadilan,” kata Baerbock.

Cohen tiba di Jerman hanya dua hari setelah KTT Aqaba, yang merupakan pertemuan unik di mana para pejabat dari lima pemerintah—Otoritas Palestina, Israel, Yordania, Mesir, dan Amerika Serikat—bertemu untuk membahas situasi keamanan yang memburuk di Yerusalem timur, Tepi Barat dan Gaza.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Baerbock menyerukan penyelesaian konflik yang dinegosiasikan dan menegaskan dukungannya untuk resolusi dua negara atas konflik tersebut, mencatat bahwa ini adalah kepentingan keamanan terbaik Israel.

“Kami bukan orang asli. Solusi seperti itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat, tetapi kami yakin bahwa pintu ini harus tetap terbuka daripada ditutup dengan langkah sepihak yang diambil seperti kelanjutan pembangunan pemukiman,” katanya.

Pembangunan pemukiman seperti itu ilegal menurut hukum internasional dan merupakan penghalang bagi perdamaian dan keamanan, katanya, menambahkan bahwa yang dibutuhkan sekarang adalah kerja sama keamanan antara Israel dan Palestina dan langkah-langkah membangun kepercayaan.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Cohen menolak masalah pembangunan pemukiman dan mengulangi pernyataan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa Israel belum setuju untuk membekukan pembangunan rumah pemukim.

“Pemerintah Israel selalu membangun di Yudea dan Samaria. Bahkan pemerintahan sebelumnya, ketika ada partai-partai Arab yang berkoalisi, juga membangun di Yudea dan Samaria, jadi kami akan terus membangun di sana,” ujarnya.

Cohen mengutuk serangan Huwara tetapi menggarisbawahi kebijakan Otoritas Palestina yang memberikan tunjangan keuangan bulanan kepada teroris dan keluarga mereka.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Otoritas Palestina adalah satu-satunya pemerintah "di dunia" yang darinya "Anda menerima pembayaran ketika Anda membunuh seorang pria Yahudi," katanya, sambil mendorong Baerbock untuk menekan PA agar menghentikan pembayaran tersebut.

Sumber: The Jerusalem Post

#Israel #palestina