Selasa, 21 Februari 2023 20:43

Putin Tangguhkan Partisipasi Rusia Dalam Perjanjian Pelucutan Senjata Nuklir dengan Amerika Serikat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi landasan peluncuran seluler untuk ICBM berkemampuan nuklir Topol-M (Foto:dpa)
Ilustrasi landasan peluncuran seluler untuk ICBM berkemampuan nuklir Topol-M (Foto:dpa)

Putin juga memandang pernyataan NATO tentang "Awal Baru" sebagai gangguan dan alasan untuk mempertimbangkan kembali perjanjian tersebut

RAKYATKU.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia menangguhkan keikutsertaannya dalam perjanjian pengendalian senjata nuklir New Start dengan Amerika Serikat.

Inilah yang dikatakan Putin menjelang akhir pidato kenegaraannya di hadapan Majelis Federal pada hari Senin di Moskow. Penangguhan bukan jalan keluar, jelasnya.

Perjanjian »Permulaan Baru«, yang mulai berlaku pada tanggal 5 Februari 2011, membatasi persenjataan nuklir Rusia dan AS masing-masing menjadi 800 sistem pengiriman dan 1.550 hulu ledak nuklir operasional.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Ini adalah satu-satunya perjanjian kontrol senjata besar yang tersisa antara AS dan Rusia. Awalnya ditutup untuk jangka waktu sepuluh tahun. Pada 2021 Moskow dan Washington telah menandatangani perpanjangan lima tahun .

Putin mengatakan dia merasa harus mengumumkan bahwa Rusia menangguhkan keikutsertaannya dalam Perjanjian Senjata Serangan Strategis. “Kami tidak menarik diri dari itu, tetapi kami menangguhkan partisipasi kami.” Dia juga mengancam uji coba nuklir – tetapi hanya jika Washington melakukannya terlebih dahulu. Kemudian Rusia akan melakukan hal yang sama.

Perjanjian tersebut juga menetapkan bahwa Washington dan Moskow dapat bertukar informasi tentang persenjataan nuklir strategis mereka dan mengadakan hingga 18 kunjungan verifikasi per tahun. Namun, pemeriksaan sudah dihentikan pada Maret 2020 karena pandemi corona.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Pembicaraan antara Moskow dan Washington tentang melanjutkan kontrol dijadwalkan berlangsung di Mesir pada November tahun lalu tetapi ditunda oleh Rusia. Sejak itu, tidak ada pihak yang menetapkan tanggal baru.

Putin menuduh AS sebagai "teater absurd", mencatat bahwa Washington baru-baru ini menuduh Moskow tidak mengizinkan para ahli masuk ke negara itu untuk memeriksa sistem pertahanan nuklir. Jika, pada saat ketegangan seperti itu, seseorang di Barat secara serius mengharapkan Rusia memberikan akses ini, itu "omong kosong", kata Putin.

Pada saat yang sama, dia menegaskan kembali bahwa Rusia tidak akan memberikan akses kepada ahli AS karena inspektur Rusia juga tidak dapat memasuki Amerika Serikat karena sanksi Barat.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Alasan utama Putin menangguhkan "Awal Baru" adalah karena Prancis dan Inggris Raya, misalnya, mengembangkan lebih lanjut persenjataan nuklir mereka dan menyelaraskan potensi nuklir mereka melawan Rusia. Putin juga memandang pernyataan NATO tentang "Awal Baru" sebagai gangguan dan alasan untuk mempertimbangkan kembali perjanjian tersebut.

NATO baru-baru ini menuduh Rusia melanggar perjanjian itu. Penolakan Rusia untuk mengizinkan inspeksi AS di wilayahnya merusak masa depan perjanjian itu, kata sumber di Brussels pada awal Februari. Moskow, pada gilirannya, menolak tuduhan tersebut pada saat itu dan menyalahkan Amerika Serikat.

Menurut para ahli, Rusia memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia dengan hampir 6.000 hulu ledak. Bersama-sama, Rusia dan AS memiliki sekitar 90 persen hulu ledak nuklir dunia.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Sumber: spiegel.de

#Rusia #Amerika Serikat #Bom Nuklir