Rabu, 08 Februari 2023 15:50

Iran Pamer Pangkalan Militer Bawah Tanah, Dijuluki "Eagle 44"

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
twitter @tasmin_military
twitter @tasmin_military

“Jika ada negara di kawasan yang digunakan Israel untuk melancarkan serangan ke tanah Iran, titik awal itu juga akan menghadapi serangan berat selain Israel.”

RAKYATKU.COM - Iran memamerkan pangkalan bawah tanah utama untuk unjuk kemampuan militer udaranya.

Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas latihan bersama skala besar antara Amerika Serikat dan Israel.

Pada Selasa (7/2/2023), televisi pemerintah menunjukkan cuplikan berbagai jet tempur dan drone militer di pangkalan yang dijuluki "Eagle 44".

Baca Juga : Timnas Indonesia Kalah Telak dari Iran, Shin Tae-yong: Pemain Sudah Bekerja Keras

Lokasi pangkalan itu masih belum diketahui.

Dikatakan, pangkalan itu digali di pegunungan untuk melindunginya dari amunisi yang dapat dijatuhkan dari pembom strategis AS yang mampu menembus pertahanan.

Pembukaan pangkalan yang dihadiri para pejabat tinggi militer terjadi kurang dari dua pekan setelah AS dan Israel mengadakan latihan bersama terbesar mereka.

Baca Juga : Dibantai Iran, Pemain Timnas Indonesia Akui Dapat Pembelajaran Berharga

AS dan Israel mengerahkan ribuan tentara dan lusinan pesawat serta kapal angkatan laut dan sistem artileri dalam apa yang dilihat secara luas sebagai pesan ke Iran di tengah meningkatnya ketegangan.

Latihan bersama itu pada gilirannya dilakukan beberapa hari setelah Iran mengadakan latihan skala luas untuk menunjukkan kesiapan militernya.

“Mungkin mereka belum menerima pesan Iran (dengan latihan itu) dengan benar. Iran sekarang mengirim pesan lagi. Ini adalah suara gemuruh dari dalam pegunungan,” ujar reporter televisi Iran, saat satu jet tempur bergerak di terowongan di belakangnya.

Baca Juga : Korban Tewas di Palestina Tembus 14 Ribu Orang, 5.600 Anak-anak

Televisi negara menunjukkan cuplikan jet tempur lepas landas untuk melakukan misi latihan siang dan malam.

Televisi itu menyiarkan, “Pesan dari operasi ini adalah bahwa sekarang kami adalah kekuatan udara mutlak di wilayah tersebut.”

Tentara Iran juga meluncurkan rudal baru yang disebut Asef yang digambarkan sebagai rudal jelajah jarak jauh yang dimaksudkan untuk dipasang pada jet Sukhoi Su-24 buatan Rusia milik Iran dan dapat menembus pertahanan musuh.

Baca Juga : Tidak Bertindak atas Kekerasan Israel Terhadap Palestina, FIFA Dikecam

Dalam beberapa bulan terakhir, ada laporan Iran akan segera menerima pengiriman jet Su-35 yang lebih canggih dari Rusia karena Teheran dan Moskow dengan cepat memperluas hubungan bilateral mereka.

Pejabat militer Iran telah menyatakan minatnya pada pesawat tersebut, tetapi belum mengomentari kapan pengiriman dapat dilakukan.

Panglima Angkatan Darat Iran Abdolrahim Mousavi mengatakan kepada televisi pemerintah di pangkalan bawah tanah bahwa, pangkalan itu akan segera menampung jet tempur baru.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut. “Jika musuh kita, yang rentan terhadap perhitungan yang salah, terkadang melihat beberapa dari kemampuan ini, maka itu membantu memastikan lebih banyak ketenangan di dunia dan di kawasan ini,” tegas Mousavi.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri menambahkan, “Jika ada negara di kawasan yang digunakan Israel untuk melancarkan serangan ke tanah Iran, titik awal itu juga akan menghadapi serangan berat selain Israel.”

Laporan televisi negara mengklaim tentara Iran memiliki banyak pangkalan lain seperti Eagle 44 yang beroperasi dan dapat melakukan serangan sambil mampu menopang pesawat selama berbulan-bulan jika perlu.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina

Iran juga terus membanggakan kemampuan perang elektronik.

Tentara Iran sebelumnya telah meluncurkan pangkalan drone di atas tanah sementara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah menunjukkan beberapa pangkalan drone dan rudal bawah tanahnya dalam pesan ke AS dan Israel.

Unjuk kekuatan terbaru juga terjadi beberapa hari setelah serangan pesawat tak berawak di fasilitas militer di Isfahan, yang dituduhkan Iran kepada Israel.

Baca Juga : Menag Terbitkan Edaran Aksi Solidaritas & Doa Bersama Untuk Palestina


Sumber: SINDOnews.com

 

#Iran #Amerika Serikat #Israel