Selasa, 07 Februari 2023 15:57

Rudianto Lallo Ajak Masyarakat Mengawasi Pembangunan di Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rudianto Lallo Ajak Masyarakat Mengawasi Pembangunan di Makassar

“Seperti yang kita lihat, masih banyak pengusaha rumah makan dan semacamnya, yang masih saja membuang limbah sembarangan, sehingga hal inilah yang akan mencemari lingkungan kita dan ini harus di tindak lanjuti,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo melakukan Sosialisasi Perda nomor Nomor 9 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Grand Maleo padsa Selasa, 7/2/2023.

Dalam sambutannya, Rudianto Lallo mengatakan Perda tersebut hadir untuk melindungi wilayah daerah dari pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dan menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan masyarakat daerah.

“Seperti yang kita lihat, masih banyak pengusaha rumah makan dan semacamnya, yang masih saja membuang limbah sembarangan, sehingga hal inilah yang akan mencemari lingkungan kita dan ini harus di tindak lanjuti,” kata Rudianto Lallo.

Baca Juga : Basdir Terpilih Jadi Ketua IKA Alumni SMK Negeri 4 Makassar

Putra Lakka tersebut mengatakan masyarakat jangan mau diam melihat pelanggaran sekitar, persoalan lingkungan adalah pelanggaran berat dan sanksinya pidana. Setiap bangunan berdiri diwajibkan menyiapkan lahan sebesar 30 persenya untuk ruang terbuka hijau dan utilitas umum.

“Jadi mari kita semua membantu Pemerintah Kota, DPRD Makassar melakukan pengawasan. Siapa lagi yang akan menjaga kampung halaman ini, kota ini kalau bukan kita semua,” tambah Politisi Partai Nasdem itu.

“Jadi melalui pertemuan ini, kepada seluruh masyarakat, keluargaku, mari bersama-sama jaga ini, jika ada yang ingin membangun tanpa izin segera laporkan,” lanjut politisi dengan background advokat tersebut.

Baca Juga : Erik Horas Berpotensi Kembali ke Kursi Pimpinan DPRD Makassar

Irwan Sampean, penyidik Satpol PP Kota Makassar yang hadir sebagai narasumer dalam kegiatan itu mengatakan pemerintah Kota Makassar akan bertindak tegas dalam setiap perusahaan/swasta yang tidak mengikuti aturan.

“Pemerintah tidak akan mentolerir siapapun investor yang tidak taat. Masyarakat jangan ragu dalam melaporkan pelanggaran,” katanya.

Adapun Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Puspa Herawati yang juga hadir sebagai narasumber menyebut kelestarian lingkungan sangat penting demi kelangsungan hidup, lingkungan yang sehat akan menjadikan mayarakatnya hidup bahagia.

Baca Juga : Eric Horas Pimpin Rapat Monev Komisi B DPRD Makassar Triwulan I

“Penting setiap rumah satu pohon. Pohon berfungsi menyaring racun, Pohon memberi oksigen melalui metabolismenya dapat mencegah banjir, mencegah longsor dengan akarnya,” katanya.

 

#dprd makassar #Rudianto Lallo #Satpol PP Makassar