Rabu, 01 Februari 2023 16:01

Waspadai Kemiskinan Ekstrem, Wali Kota Palopo Wanti-wanti Ketua RT/RW

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
M Judas Amir
M Judas Amir

Pemerintah akan membentuk tim pengawasan tugas RT/RW di daerah masing-masing.

PALOPO -- Wali Kota Palopo M Judas Amir menghadiri rapat koordinasi kebijakan pemerintah dalam pengendalian inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrem yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Indoor Saokotae, Rabu 1 Februari 2023.

Judas Amir menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengumpulkan
semua pimpinan daerah di Jakarta untuk membahas pengendalian inflasi.

"Pemerintah tidak pernah tidur dan tidak pernah diam karena berfikir bagaimana masyarakat itu tidak termakan kemiskinan dan tidak mati kelaparan karena inflasi itu ada kaitannya dengan kehidupan terutama makan dan minum," papar Judas.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Oleh karena itu, Judas berharap kepada RT/RW agar bantuan kemiskinan dari pemerintah tepat sasaran.

"Maksudnya orang yang pantas mendapat bantuan menjadi tidak pantas. Tugas RT/RW, jangan sampai ada masyarakat mati kelaparan dan RT/RW harus tahu apakah benar warga tersebut pantas untuk diberikan bantuan," tegas Judas.

Wali kota dua periode ini mewanti-wanti RT/RW yang tidak kerja. "Akan diberhentikan karena tidak ada kepedulian kepada masyarakat. Ke depan Pemerintah akan membentuk tim pengawasan tugas RT/RW di daerah masing-masing," lanjut Judas.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Sementara Dandim 1403/PLP Letkol Infantri Apriadi Nidjo menyampaikan, rakor ini merupakan hal penting demi menekan angka stunting secara bersama.

"Kemiskinan ekstrim ini tentu berkaitan dengan inflasi karena bagaimana solusi kita supaya bisa hidup marilah kita sama-sama menjaga agar terhindar dari inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrim," harapnya.

Ketua DPRD Kota Palopo, Nurhaenih menyampaikan, pihaknya siap mendukung Pemerintah Kota Palopo dalam pengendalian inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrim.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

"Ternyata masyarakat miskin bukan diukur dari penghasilan secara langsung tapi banyaknya jumlah anggota keluarga," katanya.

Acara ini dilanjutkan penyerahan bantuan berupa bak sampah secara simbolis kepada 9 kecamatan dan 48 kelurahan se Kota Palopo dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo yang diserahkan langsung oleh Walikota Palopo M Judas Amir.

Turut dihadiri unsur Forkopimda Kota Palopo, Sekda Kota Palopo, Firmanza DP, Pimpinan Perangkat daerah Kota Palopo, Camat dan Lurah serta Para RT/RW Se Kota Palopo.

#pemkot palopo #Judas Amir