Senin, 30 Januari 2023 15:02

Pemkab Barru Lakukan Penandatanganan Kinerja ASN 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

Perjanjian kinerja adalah kesepakatan dan komitmen antara pimpinan unit kerja yang lebih tinggi dengan pimpinan unit kerja di bawahnya guna mencapai target kinerja terukur berdasarkan tugas, fungsi, wewenang, serta sumber daya tersedia.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, didampingi Wakil Bupati Barru, Aska Mappe, dan Sekretaris Daerah Barru, Abustan, menyaksikan penandatanganan perjanjian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023.

Kegiatan berlangsung di Mal Pelayanan Publik (MPP), Kantor Bupati Barru, Senin (30/1/2023). Penandatangan kinerja dilaksanakan bersamaan dengan peluncuran Values ASN Berakhlak.

Tujuan perjanjian kinerja dilaksanakan untuk memenuhi amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Salah satu bagian dari implementasi SAKIP adalah penetapan perjanjian kinerja pada tiap tahun anggaran.

Perjanjian kinerja ini pada dasarnya adalah kesepakatan dan komitmen antara pimpinan unit kerja yang lebih tinggi dengan pimpinan unit kerja di bawahnya guna mencapai target kinerja terukur berdasarkan tugas, fungsi, wewenang, serta sumber daya tersedia.

Perjanjian kinerja mempunyai konsekuensi yang sangat besar bagi tiap pimpinan. Sebab, melalui perjanjian ini dilakukan penilaian terhadap kinerja ASN dan dapat dijadikan dasar dalam memberikan reward atau punishment.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Olehnya, dibutuhkan komitmen kuat untuk melaksanakannya secara konsisten.

"Melalui penandatanganan perjanjian kinerja ini menjadi langkah awal bagi setiap pimpinan unit kerja untuk mengambil langkah strategis dalam pelaksanaan setiap program dan kegiatan," ujar Suardi.

Suardi berharap kepada seluruh pimpinan perangkat daerah agar segera mengambil langkah konkret untuk mengintervensi perjanjian kinerja yang telah ditetapkan.

Baca Juga : KNPI Barru Audiensi dengan Bupati Bahas Persiapan Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus

Lebih dari itu, Suardi berharap setelah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kinerja bagi pimpinan perangkat daerah, segera dilanjutkan dengan melaksanakan penandatanganan perjanjian kinerja secara berjenjang di lingkungan unit kerja masing-masing.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru