Sabtu, 28 Januari 2023 10:04

Seleksi CPNS Dibuka Juni 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jumlah formasi yang akan dibuka lebih banyak.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menargetkan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka pada Juni 2023 nanti.

"Iya (Juni 2023)," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan-RB, Alex Denni, di Hotel Grand Sahid Raya, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Alex mengatakan, meski seleksi PPPK 2022 belum selesai, pihaknya menjamin segala prosesnya akan dijalankan secara paralel. Bahkan, kini pihaknya telah selesai menyusun kalender seleksinya.

Baca Juga : Empat Kementerian Cari Solusi untuk Guru Non-ASN

Seleksi, kata dia, akan dimulai lebih cepat dibanding tahun lalu. Ditargetkan pada April ini, penetapan formasi akan mulai diumumkan sehingga pada kuartal III 2023 atau tepatnya Juni pengumuman pembukaan seleksi CPNS dan PPPK dapat dimulai.

"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi, target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu, kan, baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi," bebernya.

Soal kisaran jumlah formasi yang akan dibuka, Alex menolak untuk menjawab jumlah pastinya. Namun, dia menekankan jumlah formasi akan lebih banyak dibandingkan dengan yang dibuka tahun lalu.

Baca Juga : Kemenpan-RB Minta BKN Kaji Potensi Tingkat Kelulusan soal Passing Grade PPPK

"Insyaallah April kita bungkus (jumlah formasi). Clue-nya lebih banyak dari tahun ini. Karena tahun ini kan kita target menyelesaikan THK II (tenaga honorer K2), Non ASN dan lain-lain," ungkapnya.

Sumber: Detik.com

#KemenPAN-RB #Seleksi CPNS 2023