Jumat, 27 Januari 2023 12:37

Rapat Komisi D, Baznas dan Dinas Pendidikan Makassar Bahas Pemotongan Gaji ASN

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
DPRD Makassar
DPRD Makassar

“Karena kita berada di wilayah pemerintahan, wilayah zakat itu adalah Baznas. Regulasinya itu Baznas, jangan kita yang di dinas,”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Rapat Dengar Pendapat (RDP) dilakukan Komisi D DPRD Kota Makassar bersama Baznas dan Dinas Pendidikan Makassar pada Kamis 26 Januari 2023.

Adapun yang dibahas dalam RDP tersebut terkait pemotongan gaji 2,5 persen bagi ASN di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Untuk diketahui, Baznas bersama Dinas Pendidikan Kota Makassar menargetkan 1.000 siswa SD-SMP akan menerima beasiswa pada tahun 2023.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Ketua Komisi D, Andi Hadi menyebut ada sejumlah pihak yang mempermasalahkan potongan zakat profesi tersebut.

“Ada pihak pihak tertentu yang mempermasalahkan pemotongan zakat profesi, karena tanpa didahului sosialisasi yang matang. Malah, katanya, zakat profesi tidak dikenal dalam pandangan Islam,” ungkapnya.

Andi Hadi Ibrahim Baso meminta penyaluran zakat dilakukan oleh Baznas.

Baca Juga : Erik Horas Berpotensi Kembali ke Kursi Pimpinan DPRD Makassar

“Karena kita berada di wilayah pemerintahan, wilayah zakat itu adalah Baznas. Regulasinya itu Baznas, jangan kita yang di dinas,” kata Hadi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin menyebut telah mengetahui pihak-pihak yang mempermasalah dan melakukan provokasi. Meski begitu ia membantah jika pemotongan 2,5 persen gaji ASN tidak dilakukan sosialisasi.

“BAZNAS Kota Makassar telah melakukan berbagai sosialisasi yang dihadiri kepala kepala sekolah dan guru guru baik dilingkungan sekolah, maupun di tempat lain,” kata Muhyiddin.

Baca Juga : Eric Horas Pimpin Rapat Monev Komisi B DPRD Makassar Triwulan I

Ia juga menyebut Dinas Pendidikan akan terus melakukan sosialisasi bersama Baznas.

“Sosialisasi kami dengan Baznas itu berjalan lancar bahkan sekolah sendiri yang minta,” ujar Muhyiddin.

Ketua Baznas Makassar, HM Ashar Tamanggong menyebut pihaknya tidak akan menutup komunikasi jika ada yang ingin mempermasalahkan zakat profesi dari pemotongan gaji ASN.

Baca Juga : Nunung Dasniar Sampaikan Pentingnya Membayar Pajak

“Kita sangat terbuka kepada siapapun untuk berdialog soal zakat profesi. Mengapa? Ya, karena sesuai aturan per-Undang-Undang-an (UU nomor 23 tahun 2011). Disitu disebutkan, zakat adalah gawenya BAZNAS,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, hasil Zakat yang diterima oleh Baznas akan dipergunakan demi kepentingan umat terutama di bidang pendidikan.

”Kita akan benar-benar gunakan untuk kepentingan umat, terutama di bidang pendidikan berupa beasiswa. Kemudian mushala yang kurang indah akan kami benahi,” kata Ketua Baznas Makassar, Azhar Tamanggong.

#dprd makassar #pemkot makassar