Kamis, 26 Januari 2023 20:29

Uni Eropa Batal Tetapkan IRGC Dalam Daftar Teroris

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
File photo of Iran's IRGC. Photo Credit: Tasnim News Agency
File photo of Iran's IRGC. Photo Credit: Tasnim News Agency

"Itu adalah sesuatu yang tidak dapat diputuskan tanpa keputusan pengadilan terlebih dahulu,"

RAKYATKU.COM - Uni Eropa akhirnya membatalkan rencana menetapkan Garda Revolusi Iran (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC) sebagai organisasi teroris.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan penetapan daftar hitam hanya bisa dilakukan jika pengadilan di negara anggota menjatuhkan putusan yang mengutuk IRGC atas tindakan teror.

"Itu adalah sesuatu yang tidak dapat diputuskan tanpa keputusan pengadilan terlebih dahulu," katanya kepada wartawan, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga : Timnas Indonesia Kalah Telak dari Iran, Shin Tae-yong: Pemain Sudah Bekerja Keras

Selain itu, para pejabat UE juga khawatir dengan memasukanIRGC ke daftar hitam akan mengakhiri harapan untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir Iran.

Perjanjian itu beku sejak pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan pada 2018 lalu.

Meski batal memasukkan IRGC ke dalam daftar teroris, negara-negara anggota UE sepakat untuk menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Iran.

Baca Juga : Dibantai Iran, Pemain Timnas Indonesia Akui Dapat Pembelajaran Berharga

Menteri luar negeri dari 27 negara anggota Uni Eropa menyetujui langkah tersebut dalam pertemuan di Brussels pada Senin lalu.

Sanksi baru itu dijatuhkan termasuk kepada Menteri Olahraga dan Pemuda Iran Hamid Sajjadi, seorang gubernur regional, dan anggota parlemen yang dicurigai melakukan tindakan keras terhadap pedemo, seperti dilaporkan Associated Press.

Isu daftar hitam ini mencuat beberapa waktu terakhir setelah anggota parlemen Eropa mendesak UE memasukkan IRGC ke dalam daftar organisasi teroris karena melakukan penindasan terhadap demonstran dan memasok drone ke Rusia.

Baca Juga : Putin dan Presiden Iran Bahas Pemukiman Suriah

Desakan itu terungkap dalam sebuah teks yang tersebar. Teks itu menunjukkan bahwa mayoritas anggota parlemen mendukung langkah tersebut.

IRGC pun telah memberi peringatan jika Uni Eropa menetapkan mereka sebagai kelompok teroris.

"Jika Eropa membuat kesalahan, mereka harus menerima konsekuensinya," kata kepala IRGC, Mayor Jenderal Hossein Salami, seperti dikutip Sepah News.

Baca Juga : Presiden Iran Tegaskan Negaranya Siap Gabung BRICS

Salami juga sesumbar bahwa Uni Eropa "merasa bahwa dengan pernyataan semacam itu bisa mengguncang pasukan besar (IRGC) ini."

Ia mengklaim IRGC tak pernah khawatir mengenai hal itu dan bahkan bisa "bertindak lebih kuat" jika blok tersebut memancing.

"Kami tidak pernah cemas soal ancaman semacam itu atau bahkan bisa menindaknya karena sebanyak musuh kami memberi kesempatan untuk kami bertindak, kami bisa bertindak lebih kuat," ujarnya.

Baca Juga : Perekonomian Terbesar UE Tidak Dapat Hidup Tanpa China

Sumber: cnnindonesia.com

#Iran #IRGC #Uni Eropa