Selasa, 17 Januari 2023 18:29

Putin Perintahkan Komandan Militer Baru Rusia Rebut Wilayah Donbas Bulan Maret

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov.
(Foto: Mikhail Kuravlev | Sputnik | Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov. (Foto: Mikhail Kuravlev | Sputnik | Reuters)

“Tujuan ini adalah untuk merebut Donbas dan membentuk zona keamanan di sana, tetapi sudah pada bulan Maret,”

RAKYATKU.COM -- Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah menginstruksikan komandan baru angkatan bersenjata Rusia di Ukraina untuk merebut wilayah timur Donbas pada bulan Maret 2023.

Andriy Yusov, perwakilan dari Direktorat Utama Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina, mengatakan kepada saluran TV domestik Freedom bahwa Putin telah memerintahkan Jenderal Valery Gerasimov, seorang loyalis Putin dan kepala angkatan bersenjata Rusia, untuk merebut wilayah tersebut dalam beberapa bulan.

“Putin tidak memperhatikan kenyataan, itu sebabnya dia tidak mengubah tujuan globalnya: penghancuran Ukraina sebagai rakyat, negara yang terpisah, dan penghancuran Ukraina sebagai negara merdeka,” katanya, menurut komentar yang diterjemahkan dan dilaporkan oleh kantor berita Ukrinform.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Menambahkan bahwa prioritas Rusia adalah merebut Donbas (tujuan yang secara terbuka dan sering dinyatakan oleh Moskow), Yusov mengatakan Gerasimov telah menetapkan garis waktu untuk melakukannya.

“Tujuan ini adalah untuk merebut Donbas dan membentuk zona keamanan di sana, tetapi sudah pada bulan Maret,” ujarnya, dilansir dari CNBC Internasional, Selasa (17/1/2023).

Gerasimov ditunjuk sebagai komandan pasukan Rusia di Ukraina pekan lalu karena pasukan Rusia hanya membuat sedikit kemajuan dalam beberapa bulan terakhir, malah terjebak dalam pertempuran di Donetsk, khususnya di sekitar Bakhmut di mana pertempuran sengit terus berlanjut selama berbulan-bulan.

#Rusia #Ukraina #vladimir putin