Minggu, 08 Januari 2023 10:56

Kunker ke Wilayah Kodam Hasanuddin, Kasad: Kesejahteraan Prajurit dan Masyarakat Menjadi Fokus Tugas Pengabdian TNI AD

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunker ke Wilayah Kodam Hasanuddin, Kasad: Kesejahteraan Prajurit dan Masyarakat Menjadi Fokus Tugas Pengabdian TNI AD

Kasad melaksanakan peletakan baru pertama pembangunan kandang sapi hasil kerjasama Korem 143/HO bersama masyarakat seluas 45 Hektare bertempat di Peternakan Nanga-Nanga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari

RAKYATKU.COM, KENDARI - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin. Dalam kunker di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara pada Sabtu (7/01/2023) Kasad didampingi sejumlah pejabat utama (PJU) TNI Angkatan Darat.

Kedatangan orang nomor satu di Angkatan Darat ini disambut langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso bersama Gubernur Sultra H. Ali Mazi dan para pejabat utama TNI Polri dan unsur Forkopimda Sultra.

Di awal kunjungannya Kasad melaksanakan ketahanan pangan peletakan baru pertama pembangunan kandang sapi hasil kerjasama Korem 143/HO bersama masyarakat seluas 45 Hektare bertempat di Peternakan Nanga-Nanga, Kec. Baruga, Kota Kendari. Selain itu dilaksanakan pemberian bantuan bioflog dan polibag holticultural kepada prajurit Korem 143/HO.

Baca Juga : Pangdam XIV/Hsn Buka Puasa Bersama Dengan Anak Yatim

Pada agenda lainnya, Kasad melakukan peninjauan pembangunan Rumdis Korem 143/HO. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sosial (bansos) kepada ratusan anak Yatim Piatu dan bagi keluarga yang beresiko stunting. Terakhir adalah penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton yang diselenggarakan di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur sekaligus melakukan ramah tamah dengan Forkopimda, Toga, Toda, Tomas dan Todat Provinsi Sultra.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sultra yang telah mendukung pelaksanaan ketahanan pangan yang merupakan tidak lanjut dari perintah Presiden kepada Kasad untuk membantu masyarakat dalam ketahanan pangan dan manunggal air pasca Covid-19.

Terkait pembangunan rumah untuk prajurit, Kasad menuturkan bahwa bantuan pembangunan Rumdis tersebut menunjukkan bukti kecintaan rakyat kepada TNI. Pihaknya pun mengaku bahwa kesejahteraan prajurit dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus tugas pengabdian TNI Angkatan Darat.

Baca Juga : Jumat Berkah, Persit KCK Cabang VIII Itdam XIV/Hsn Bagikan Paket Sembako

"TNI Angkatan Darat harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat serta membantunya. Anggaran pribadi TNI Angkatan Darat untuk ketahanan pangan dan manunggal air yang dikelola guna membantu kesulitan masyarakat," bebernya.

Gubernur Sultra H. Ali Mazi pada kesempatan tersebut mengungkapkan kebanggannya kepada TNI yang secara faktual tidak hanya melaksanakan tugas utama sebagai alat pertahanan dan keamanan negara tetapi juga telah memainkan peran yang begitu besar dan luar biasa dalam berbagai bidang.

"Kita semakin bangga dengan TNI karena dewasa ini, secara faktual teknik tidak hanya melaksanakan tugas dan fungsi utamanya sebagai alat pertahanan dan keamanan negara tetapi juga telah memainkan peran yang begitu besar dan luar biasa dalam berbagai bidang pembangunan serta pemberdayaan dan pelayanan masyarakat melalui program dan kegiatan sosial, kemasyarakatan, keagamaan, budaya dan kegiatan yang berdaya guna serta bernilai manfaat lainnya dalam rangka mendukung kemajuan bangsa dan negara seperti halnya kegiatan sosial yang kita ikuti pada kesempatan ini adalah salah satu bukti nyata kehadiran TNI Angkatan Darat untuk turut serta dalam penanganan persoalan bangsa," bebernya.

#Pangdam Hasanuddin