Rabu, 04 Januari 2023 08:10

Libur Nataru, Trafik Data XL Axiata Naik Sampai 50 Persen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor. XL Axiata berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan tahun baru 2023 (Nataru). (Foto: XL Axiata)
Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor. XL Axiata berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan tahun baru 2023 (Nataru). (Foto: XL Axiata)

Puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal.

 

RAKYATKU.COM, JAKARTA - XL Axiata berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan tahun baru 2023 (Nataru).

Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik layanan pada periode Nataru meningkat sebesar 8 persen dibandingkan hari normal dan 29 persen dibandingkan periode Natarusebelumnya.

Baca Juga : Perluas Infrastruktur Jaringan di Sulawesi Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 1.900 Desa

Sementara, puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan 2 persen dan SMS 5 persen dibandingkan hari biasa.

"Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan tahun baru 2023. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru," kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga : XL Axiata Berhasil Raih Pertumbuhan Double Digit Pendapatan Naik 11%, Laba Bersih Naik 15%

Seperti prediksi sebelumnya, kata dia, ada kenaikan trafik data signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Nataru di tengah situasi pandemi yang sudah makin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun.

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : SinergiAPI Portal di Indonesia Hadir Berkat Kolaborasi IOH, XL Axiata dna AWS

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8 persen dibandingkan hari normal. Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut naik 29 persen, lalu Kabupaten Cianjur naik 26, dan Kabupaten Bogor naik 24 persen.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta dengan kenaikan hingga 22 persen, selanjutnya provinsi Bali, NTT, dan NTB 21 persen, serta berikutnya propinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 19 persen. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21 persen dibandingkan hari normal. Di alun-alun Solo naik hingga 90 persen, Lombok naik 25 persen.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300 ribu pelanggan. negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja, dan Singapura.

Baca Juga : XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Pada Libur Nataru 2024

Streaming Mendominasi

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul file access, game serta web browsing.

Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing sebesar 30 persen.

Baca Juga : Axiata Group Berhad Umumkann transformasi Struktural Anak Perusahaannya di Indonesia

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat 9 persen dari hari normal, Twitter 6 persen, dan Instagram 19 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 24 persen, TikTok 22 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39 persen dan Telegram 737 persen.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3 persen, Joox naik 2 persen. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends 35 persen dari hari normal. Lalu, Free Fire naik 78 persen.

Pada layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70 persen dibandingkan hari normal, Disney+ 36 persen, Vidio 5 persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen. Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps meningkat 42 persen, Waze GPS meningkat 40 persen, dan Apple Map sebesar 21 persen.

#XL Axiata