Sabtu, 26 November 2022 22:19

Wisuda Politeknik STIA LAN, Bupati Lutra Diganjar Tokoh Peduli Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wisuda Politeknik STIA LAN, Bupati Lutra Diganjar Tokoh Peduli Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur

Penghargaan diserahkan Deputi kebijakan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara LAN RI Dr. Muhammad Taufiq DEA didampingi Direktur Politeknik STIA LAN, Prof Amir Imbaruddin.

RAKYATKU.COM — Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani dianugerahi tokoh peduli pengembangan Kompetensi SDM Aparatur. Penghargaan diserahkan di sela-sela wisuda Politeknik STIA LAN di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar, Sabtu (26/11/2022).

Penghargaan diserahkan Deputi kebijakan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara LAN RI Dr. Muhammad Taufiq DEA didampingi Direktur Politeknik STIA LAN, Prof Amir Imbaruddin.

Muhammad Taufik menyampaikan selamat kepada Indah, juga kepada para wisudawan dan wisudawati bersama keluarga. “Transformasi digital dalam pendidikan tinggi sebagaimana tema wisuda kali ini sangat penting,” katanya mengingatkan.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

Salah satu wujud trasformasi itu adalah pelayanan yang berorientasi pada customer. Di banyak negara, pelayan restoran sudah diperankan robot. Begitu juga pada beberapa jenis pekerjaan lainnya.

“Akibatnya, gelombang PHK tak bisa terhindarkan. PHK yang banyak terjadi di berbagai belahan dunia ini sekaligus menjadi semacam alarm untuk terus bertransformasi,” imbuhnya.

Ada jutaan pekerjaan hilang karena tidak lagi kompatibel dengan kondisi kekinian. Sebaliknya, ada jutaan pekerjaan lainnya juga muncul sebagai bentuk pekerjaan baru sebagai gantirnya.

Baca Juga : Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

“Ini tentu harus direspon secara tepat, baik oleh perguruan tinggi, swasta maupun pemda. Kita tentu bersyukur karena Ibu Indah, Bupati Luwu Utara yang bersedia hadir secara langsung,” katanya.

Sementara itu, IDP usai menerima penghargaan mengungkapkan, dirinya selama ini memang terus mendorong ASN mengembangkan kompetensi. Baik melalui pendidikan formal maupun melalui pendidikan dan latihan atau bimbingan teknis.

“Tuntutan pelayanan masyarakat, perkembangan teknologi membuat aparatur juga harus beradaptasi dan bertransformasi. Maka pengembangan kompetensi menjadi hal yang sangat penting,” ujarnya.

Baca Juga : Banjir di Bone-Bone, Bupati Luwu Utara Imbau Warga Tetap Waspada

Ia menegaskan, kehadirannya pada acara tersebut bukan semata terkait penghargaan. Sebab ia juga tak sadar kalau akan diberi penghargaan.

“Kehadiran saya di acara ini menjadi bukti komitmen keberpihakan pada aparatur yang ingin terus mengembangkan kemampuan dirinya guna menjawab tantangan dan kebutuhan pelayanan publik yang berkualitas. Kebetulan memang banyak ASN dari Lutra yang ikut kuliah dan wisuda di STIA LAN,” tegasnya.

#luwu utara #Indah Putri Indriani