Jumat, 25 November 2022 19:03

PT Vale Kirim Tim Tanggap Darurat Bantu Korban Gempa Cianjur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim Emergency Response Group (ERG) PT Vale Indonesia dikirim untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Tim Emergency Response Group (ERG) PT Vale Indonesia dikirim untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tim kini tengah berfokus melakukan pencarian dan penyelamatan korban di Cianjur dan sekitarnya. Sementara, penyaluran bantuan logistik seperti sembako, terpal, peralatan mandi, perlengkapan bayi, obat-obatan, dan alat penerangan akan menyusul akhir pekan ini.

RAKYATKU.COM, CIANJUR - PT Vale Indonesia mengirimkan tim Emergency Response Group (ERG) untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tim tanggap darurat ini terdiri atas 5 orang rescuer, 1 orang dokter, dan 2 orang tenaga medis. Mereka diberangkatkan sejak Rabu (23/11/2022) berikut dengan peralatan lengkap penanganan bencana.

Di lokasi tim tergabung dalam misi kemanusiaan bersama tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dan Badan SAR Nasional (Basarnas). Selain itu, ikut dalam pembagian tugas dan koordinasi di lapangan, seperti pencarian, penanganan, dan pemulihan korban gempa berkekuatan 5,6 magnitudo itu.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

Supervisor Fire & Rescue HSSR PT Vale Indonesia, Samsuddin, mengatakan tim ERG kini tengah berfokus melakukan pencarian dan penyelamatan korban di Cianjur dan sekitarnya. Sementara, penyaluran bantuan logistik seperti sembako, terpal, peralatan mandi, perlengkapan bayi, obat-obatan, dan alat penerangan akan menyusul akhir pekan ini.

Samsuddin menerangkan, ambulans PT Vale juga dibawa serta untuk kebutuhan evakuasi serta beberapa peralatan penunjang, di antaranya medical bag complete, tenda, first aid kit, thermal imaging camera, gas detector, satelite GPS, extrikasi battery, dan scope stretcher.

"Kebanyakan pasien yang kami tangani itu diare, luka infeksi, ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), dan gangguan kulit. Pengobatan dilakukan secara mobile oleh tim. Untuk bantuan logistik insyaallah akan dibawa. Masyarakat maupun keluarga besar PT Vale bisa menyalurkannya, silakan berkoordinasi dengan tim ERG yang ada di Sorowako," kata Samsuddin dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Dia merincikan, perlengkapan mendesak yang dibutuhkan, yakni terpal, makanan, minuman, bantal, selimut, peralatan mandi, beras, minyak goreng, gula, kopi, lampu, dan popok bayi. Selain itu, obat-obatan, seperti antibiotik injeksi, tetanus toxoid, cairan infus, alkohol swab, anti nyeri injeksi, dan novalgin injeksi. "Kami juga memberikan trauma healing di tenda-tenda pengungsian," kata Samsudin.

"Mewakili manajemen dan seluruh karyawan PT Vale Indonesia, kami menyampaikan turut belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Kami juga mendoakan agar selalu diberi kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini," tutur Samsuddin.

#PT Vale Indonesia #Gempa Cianjur