Rabu, 23 November 2022 08:28

Permintaan Presiden Jokowi, Menkes Budi: Iuran BPJS Kesehatan Tak Naik Sampai 2024

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, juga menyinggung terkait penghapusan kelas BPJS Kesehatan.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Pemerintah tidak akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan sampai 2024 mendatang. Ini permintaan dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)

"Bapak Presiden yang meminta kalau bisa jangan naik sampai 2024," kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (22/11/2022).

Pada kesempatan itu, Budi juga menyinggung terkait penghapusan kelas BPJS Kesehatan. Saat ini pemerintah telah melakukan integrasi Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang diujicobakan di beberapa rumah sakit.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Komitmen Mudahkan Peserta JKN selama Libur Lebaran

Ke depannya, kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan akan dihapus kemudian diganti dengan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) jaminan kesehatan nasional.

"Saya pelajari kalau BPJS mau dibikin sustainable kelasnya harus standar dan satu. Kita melayani seluruh masyarakat Indonesia menggunakan konsep universal health coverage itu standarnya satu," tuturnya.

"Untuk nasabah-nasabah kaya, dia seharusnya bisa menambah dengan kombinasikan iuran jaminan asuransi BPJS dengan swasta, di mana yang bersangkutan harus bayar sendiri," tambahnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Sumber: Detik.com

#bpjs kesehatan #Budi Gunadi Sadikin #Joko Widodo