Rabu, 16 November 2022 10:32

Bupati Sidrap Apresiasi Bimtek Peningkatan Produktivitas Sentra IKM Konveksi

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Sidrap Apresiasi Bimtek Peningkatan Produktivitas Sentra IKM Konveksi

Dollah Mando menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian atas pelaksanaan bimbingan teknis untuk IKM pakaian jadi serta bantuan alat bagi sentra IKM konveksi di Kabupaten Sidrap.

RAKYATKU.COM -- Bupati Sidrap H. Dollah Mando didampingi Ketua TP PKK Sidrap, Suhara Dollah menghadiri Bimtek Peningkatan Produktivitas Sentra IKM Konveksi di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Mentari, Kelurahan Rijang Pittu, Kecamatan Maritengngae, Selasa (15/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidrap, Ahmad Dollah, Pejabat Fungsional Pembina Industri Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Enti Nurmaryati Utami, dan Tenaga Ahli Direktorat Jenderal IKMA Kementerian Perindustrian, Nasaruddin Yunus.

 

Dollah Mando menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian atas pelaksanaan bimbingan teknis untuk IKM pakaian jadi serta bantuan alat bagi sentra IKM konveksi di Kabupaten Sidrap.

Baca Juga : Dollah Mando Hadiri Peringatan Isra Mikraj DDI Sidrap, Ini Pesannya

“Bimbingan teknis ini sangat dibutuhkan dalam peningkatan kompentensi SDM industri kecil dan menengah yang dapat berdaya saing, bahkan didukung dengan adanya bantuan alat untuk kelompok pada sentra IKM konveksi,” jelasnya.

Dikatakan Dollah, ilmu yang diberikan dalam kegiatan itu akan menjadi bekal bagi para peserta dalam membangun dan mengembangkan usaha konveksi, dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Sidrap.

Dollah juga berharap usaha jahit-menjahit dapat bersinergi dengan pengrajin tenun sutera. Dengan memanfaatkan hasil tenun sutera, ulas Dollah, tercipta produk yang memiliki nilai seni dan estetika khas Sidrap, sekaligus mendorong terciptanya peluang pasar bagi produk tenun sutera.

Baca Juga : Bupati Sidrap Hadir dalam Peringatan Isra Mikraj PD DDI

“Sekali lagi atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sidenreng Rappang , kami sangat berterima kasih atas kerja sama ini, semoga ke depannya pelatihan seperti ini akan terus berlanjut,” harapnya. L

Sponsored by MGID

Dollah Mando selanjutnya berpesan kepada Kelompok Usaha Bersama Mentari agar bantuan alat itu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan anggota kelompok.

“Apabila terdapat laporan bahwa penggunaan alat hanya untuk pribadi, maka pemerintah akan melakukan penarikan dan menyerahkan ke kelompok IKM konveksi yang lain,“ tegasnya.

Baca Juga : Sekda Sidrap Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus FCC

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan bimbingan teknis akan dipantau dan dimonitoring perkembangannya secara langsung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sidrap.

Dollah mengutarakan, dalam mendukung perkembangan IKM sentra konveksi, diimbau kepada kelompok yang dibina dalam sentra IKM konveksi Mentari, agar turut serta pada kegiatan pameran kerajinan Inacraft (International Handicraft Trade Fair) Maret 2023.

Usai membuka pelatihan tersebut, Dollah Mando juga menyaksikan serah terima fasilitas mesin /peralatan Sentra IKM Konveksi dari Kementerian Perindusttian kepada Pihak LPK Mentari.

Baca Juga : Pemkab Sidrap Serahkan Bantuan Program Anak Tidak Sekolah ke 12 Desa

Acara turut dihadiri Camat Maritengngae, Mustari Kadir, Lurah Rijang Pittu Hairuddin, Ketua IWAPI Sidrap, Sulolipu, serta beberapa tamu undangan dan peserta bimtek dari berbagai daerah.

#pemkab sidrap #Dollah Mando