Rabu, 09 November 2022 16:47

Tim PkM Farmasi UMI Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Nano Spray Facemist Berbahan Dasar Lemon di Takalar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim PkM Farmasi UMI Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Nano Spray Facemist Berbahan Dasar Lemon di Takalar

Apt. Asriani Suhaenah, menyampaikan bagaimana cara membuat facemist berbahan dasar lemon dan air mawar dengan menggunakan alat nano spray kepada masyarakat di desa paddingin, khususnya ibu-ibu PKK.

RAKYATKU.COM -- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PkM) UMI menggelar pelatihan pembuatan Produk Nano Spray Facemist Berbahan Dasar Lemon Pada Ibu-Ibu PKK  Di Desa Paddingin Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Rabu (9/11/2022).

Narasumber dalam pelatihan ini apt. Asriani Suhaenah, menyampaikan bagaimana cara membuat facemist berbahan dasar lemon dan air mawar dengan menggunakan alat nano spray kepada masyarakat di desa paddingin, khususnya ibu-ibu PKK.

Sehingga kata Asriani, mereka mampu membuat sendiri dan bisa digunakan dikalangan keluarga masing-masing.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

"Kombinasi penggunaan dari ekstrak lemon dan air mawar dapat memberikan efek relaksasi karena aromanya yang menyegarkan, membantu mengurangi kemerahan dan membantu mempertahankan keseimbangan pH kulit wajah, melembabkan kulit wajah, menghambat penuaan dini, meredakan peradangan pada kulit, mengurangi jerawat, dan mengatasi mata lelah," ucapnya.

Selain itu kata dia, dapat berperan sebagai antioksidan alami yang sangat potensial untuk mencegah terjadinya dan mengurangi tingkat kerusakan kulit karena memiliki kandungan vitamin C, dan  asam sitrat.

Ia menambahkan Asam sitrat juga mendorong pertumbuhan kulit baru yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, kerutan kecil, serta area dengan warna dan tekstur wajah yang tidak rata. Produk ini dapat dibuat sendiri dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Dosen Fakultas Farmasi UMI Buat Inovasi Kit Skoring

Ketua PKK Desa Paddingin, Sadaria, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dan pelatihan yang diberikan oleh Tim PkM dari Fakultas Farmasi UMI.

Salah satu peserta juga merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihaan pembuatan facemist berbahan dasar lemon dan air mawar dengan menggunakan alat nano spray yang di adakan oleh tim PkM dari Fakultas Farmasi UMI ini dikarnakan masyarakat dapat membuat face mist untuk digunakan sendiri atau untuk digunakan oleh keluarga dekat.

#Fakultas Farmasi UMI #PKM