Senin, 07 November 2022 17:40

Pangdam Ingin Prajurit Kodam XIV/Hasanuddin Menjadi Sparko’ers Sejati

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pangdam Ingin Prajurit Kodam XIV/Hasanuddin Menjadi Sparko’ers Sejati

Senam Sparko merupakan salah satu olahraga yang menjadi pedoman latihan para pelatih dan prajurit di lingkungan TNI-AD

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kondisi tubuh yang selalu fit dan prima berperan besar dalam optimalnya pelaksanaan tugas seluruh prajurit TNI. Senam Spartan Komando (Sparko) menjadi salah satu upaya yang digencarkan Kodam XIV/Hasanuddin untuk menjaga stamina prajurit agar tetap ideal, fit dan prima.

Senam Sparko merupakan salah satu olahraga yang menjadi pedoman latihan para pelatih dan prajurit di lingkungan TNI-AD, sesuai instruksi Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang disampaikan melalui surat telegram dan dijabarkan dalam peraturan Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat.

 

Senam Sparko ini juga menjadi upaya mencetak prajurit dengan kekuatan tubuh dan performa yang maksimal. Sehingga dengan fisik yang kuat dan sehat, prajurit mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca Juga : Laksamana Yudo Sampaikan Pesan Untuk Laksanakan Perintah Harian Panglima TNI

Di Kodam Hasanuddin, senam sparko ini dilaksanakan di Lapangan M. Yusuf Makodam, Makassar pada Senin (7/11/2022). Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, menyebutkan sejumlah manfaat dari senam sparko ini. Tak hanya gerakannya tetapi juga fleksibilitas dari senam ini, memudahkan prajurit untuk melakukannya.

"Latihan fisik yang ada pada gerakan senam sparko merupakan latihan yang telah disusun secara sistematika, berkesinambungan dan mengombinasikan latihan kardio dan kalisthenik. Seluruh gerakannya bermanfaat untuk menambah kemampuan dan kekuatan tubuh," kata Mayjen TNI Totok.

Mayjen TNI Totok juga mengatakan keunggulan senam sparko lainnya adalah sebagai olahraga yang fleksibel sehingga dapat dilakukan secara rutin di mana saja. Pangdam juga berharap semua prajurit Kodam XIV/Hasanuddin menjadi sparko’ers sejati.

Baca Juga : Program Ketahanan Pangan Jajaran Kodam XIV/Hasanuddin Libatkan Masyarakat, Ada Budidaya Ikan Nila

"Karena olahraga ini hanya membebankan pada tubuh sendiri," sebutnya.

#Kodam Hasanuddin #tentara nasional Indonesia