Rabu, 02 November 2022 23:25

Hamsiah Iksan Sebut Dorong Peningkatan Budaya Literasi 

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hamsiah Iksan Sebut Dorong Peningkatan Budaya Literasi 

"Membaca ibarat menambang, semakin dalam kita menggali semakin banyak hal baik akan kita dapatkan" ujar Iksan.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Resmi dikukuhkan, Hamsiah Iksan komitmen tingkatkan budaya literasi di semua level. Literasi kini menjadi kebutuhan dasar (primer need) bagi masyarakat. Hal itu karena Literasi bermanfaat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan.

Selain itu Literasi membantu seseorang dalam mind mapping, berpikir kritis, mengasah kemampuan dalam menangkap dan memahami informasi dari bacaan sehingga membuat otak bekerja lebih optimal dalam mengambil keputusan diatas kertas.

Indonesia masih menempati ranking 60 dari 61 negara dalam hal literasi dan membaca. Tetapi, berdasarkan hasil survei World Culture Index Score 2018, kegemaran membaca masyarakat Indonesia meningkat signifikan. Indonesia menempati urutan ke -17 dari 30 negara.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Hal itu berarti terjadi kondisi dimana minat baca masyarakat semakin mengalami peningkatan pada setiap jenjangnya baik skala provinsi, kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan.

Pagi ini, Rabu (2/10/2022) bertempat diruang Pola Panrannuanta Bupati Iksan Iskandar resmi mengukuhkan Hj. Hamsiah Iksan sebagai Bunda Literasi. Sebagai Bunda Literasi, Hj. Hamsiah Iksan berkomitmen untuk mendorong peningkatan budaya literasi di semua level masyarakat.

langkah awal komitmen Hamsiah Iksan yakni dengan dilaksanakannya Bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan. Sebanyak 40 orang peserta antusias menjalani Bimtek tersebut.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Hj. Hamsiah Iksan menyampaikan, bahwa harapan agar gerakan literasi dikabupaten jeneponto berjalan secara maksimal dengan menyiapkan berbagai program, seperti program membuat ruang baca disetiap warung, cafe dan SKPD pada semua level baik di Kecamatan, desa maupun kelurahan.

"Insya Allah kedepan kami akan melakukan sosialisasi untuk mendorong literasi pada semua level, Membangun sinergi, kolaborasi dengan OPD dan komunitas literasi," ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad hasan menjelaskan bahwa jeneponto menjadi salah satu kabupaten dengan geliat literasi yang besar.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Geliat literasi yang besar itu menjadikan provinsi Sulawesi Selatan diganjar Penghargaan tertinggi oleh Perpustakaan Nasional RI.

"Nugra Jasadharma Pustaloka adalah bentuk penghargaan tertinggi yang diselenggarakan tahunan oleh Perpustakaan Nasional RI atas dedikasi lembaga dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta upaya yang konsisten dalam menumbuh kembangkan budaya kegemaran," terangnya.

Menurutnya, membaca dan literasi di Indonesia, alhamdulillah penghargaan ini didapatkan karena kabupaten jeneponto mengambil andil besar didalamnya. Sementara itu Bupati Iksan Iskandar menyambut baik program yang dicanangkan oleh Bunda Literasi.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan KPU Serta Bawaslu Teken Perjanjian Hibah Pemilu dan Pilkada 2024

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menambahkan bahwa peradaban yang mapan dan maju hanya dapat diwujudkan oleh sumber daya manusia yang cerdas, berkarakter dan gemar membaca.

"Membaca ibarat menambang, semakin dalam kita menggali semakin banyak hal baik akan kita dapatkan" ujar Iksan.

Acara pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan buku sebanyak 150 eksemplar oleh dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto.

Penulis : Samsul Lallo
#Bupati Jeneponto #iksan iskandar