Selasa, 18 Oktober 2022 17:28

Aksi Heroik Pak Babinsa dan Anggota PMII Selamatkan Hewan Langka di Pesisir Pantai

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Aksi Heroik Pak Babinsa dan Anggota PMII Selamatkan Hewan Langka di Pesisir Pantai

awalnya kedua penyu tidak sengaja dijumpainya saat berpatroli melintasi wilayah pesisir setempat. Hewan dilindungi ini ditemukan dalam posisi telentang dan sekarat

RAKYATKU.COM, KOLAKA UTARA - Aksi heroik dilakukan anggota Babinsa Koramil 1412/03 Lasusua Serka Amrun  dan anggota PMII Kolaka Utara. Bersama dua masyarakat mereka  menyelamatkan 2 ekor penyu besar yang sekarat terdampar di pesisir Pantai By Pass, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara pada Rabu (12/10/2022).

Serka Amrun mengatakan, awalnya kedua penyu tidak sengaja dijumpainya saat berpatroli melintasi wilayah pesisir setempat. Hewan dilindungi ini ditemukan dalam posisi telentang dan sekarat.

"Dua orang pemuda dari organisasi PMII Kolaka Utara langsung mencegat saya dan menyampaikan ada penyu. Saya lihat dan kami bertiga spontan mendekat agar lekas mengangkat untuk melepasnya ke laut," katanya.

Baca Juga : Pangdam XIV/Hsn Buka Puasa Bersama Dengan Anak Yatim

Tindakan itu segera dilakukan lantaran mereka melihat penyu sudah dalam kondisi sekarat terjemur selama berjam-jam dengan posisi telentang. Karena cukup berat, penyu ini hanya bisa digeser ke laut dan diperkirakan masing-masing berbobot mencapai 35 kg.

Sementara itu Komandan Kodim 1412/Kolaka Letkol Inf Paruhum Siregar menjelaskan disela-sela kesibukan kegiatan TMMD kami juga berpesan kepada Babinsa diharapkan mengedepankan tugas lainnya diluar tugas pokok sehari-hari seperti contoh apa yang dilakukan Babinsa sekarang ini.

"Tugas itu menjadi tanggungjawab kita bersama, karena hewan langkah seperti penyu adalah merupakan hewan yang dilindungi, karena Indonesia menjadi rumah bagi 6 penyu dari total 7 spesies yang tersisa di dunia, Ini pekerjaan rumah yang berat,” jelasnya.

#Kodam Hasanuddin #Pangdam Hasanuddin