Rabu, 12 Oktober 2022 20:34

Ratusan Pelajar di Jeneponto Gelar Kirab di Sepanjang Lima Kilo Meter

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ratusan Pelajar di Jeneponto Gelar Kirab di Sepanjang Lima Kilo Meter

"Momentum hari jadi ke 353 sulawesi selatan tahun ini dapat kita maknai sebagai titik untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan," ujarnya.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Satu pekan jelang peringatan HUT Provinsi Sulawesi Selatan, ratusan pelajar dijeneponto gelar kirab disepanjang 5 km pada Rabu (12/10/2022)

Kegiatan bertajuk kirab pelajar andalan merupakan rangkaian peringatan hari jadi Provinsi Sulawesi Selatan yang telah genap berusia 353 tahun.

Barisan pasukan Kirab pelajar andalan dapat dimaknai secara filosofis bahwa perjalanan usia Sulawesi Selatan telah melewati proses yang cukup panjang, hingga sampai pada saat ini menjadi salah satu provinsi terkemuka di Indonesia.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Barisan Kirab pelajar yang terdiri dari pasukan berkuda, paskibraka, drum band dan pramuka terpantau memenuhi disepanjang jalan poros bantaeng-jeneponto sejak pukul 08.00 wita.

Peserta kirab yang dikawal oleh pasukan berkuda tersebut melalui rute sepanjang 5 km dari jalan pahlawan batas kota jeneponto, menuju kantor bupati.

Prosesi kirab pelajar disaksikan ribuan khalayak disepanjang jalan. Banyak di antara mereka yang menyeka air mata dan ada pula yang bertepuk tangan ketika pasukan berkuda, pramuka, paskibraka dan alunan drumband melintas.

Baca Juga : Bupati se-Sulsel Kumpul di Makassar, Termasuk Iksan Iskandar

Setelah berjalan sekitar 1 jam, pasukan kirab pelajar tiba dihalaman kantor bupati pada pukul 09.00 Wita.

iring-iringan pasukan disambut langsung bupati Iksan Iskandar. Turut hadir Sekretaris daerah H. Muh. Arifin Nur, Perwakilan Polres Jeneponto, Dandim Letkol. Inf. Agus Tanra dan beberapa kepala OPD.

Bupati Iksan Iskandar dalam sambutan menyampaikan harapan agar momentum hari jadi sulawesi selatan yang memasuki abad keempat ini dapat dimaknai sebagai titik refleksi untuk meningkatkan semangat dalam bingkai kebersamaan.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Tegaskan Komitmen Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Publik

Ia menambahkan pentingnya tiga hal yang harus dimiliki pelajar sebagai penerus bangsa kedepan, ketiga hal yang menjadi modalitas penting tersebut yakni rasa cinta, rasa memiliki dan rasa bertanggung jawab terhadap provinsi Sulawesi Selatan.

"Momentum hari jadi ke 353 sulawesi selatan tahun ini dapat kita maknai sebagai titik untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan," ujarnya.

kirab pelajar Andalan selanjutnya diakhiri dengan penampilan Tari, Antraksi formasi 353 oleh pramuka dan pelepasan kontingen secara simbolis oleh bupati Iksan Iskandar.

Penulis : Samsul Lallo
#pemda jeneponto #Bupati Jeneponto #ikhsan Iskandar