Rabu, 31 Agustus 2022 11:00

DPRD Parepare Tawarkan Opsi Tarif Sewa Stadion GBH untuk PSM Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Stadion Gelora BJ Habibie (GBH).
Stadion Gelora BJ Habibie (GBH).

DPRD Parepare telah mengundang Pemkot Parepare beserta manajemen PSM guna mempertanyakan penyesuaian tarif stadion sebelum teken kontrak dengan PT PSM.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Tarif Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) di Kota Parepare menjadi perhatian DPRD Kota Parepare.

DPRD Parepare bahkan telah mengundang Pemkot Parepare beserta manajemen PSM guna mempertanyakan penyesuaian tarif stadion sebelum teken kontrak dengan PT PSM.

Tarif stadion itu dibahas bersama Pemkot Parepare dan manajemen PSM saat rapat dengar pendapat di Kantor DPRD Parepare, Senin (29/8/2022) lalu. Hasilnya, ada dua opsi yang mencuat.

Baca Juga : PT Vale dan PSM Makassar Kolaborasi Tingkatkan Pengembangan Ekraf di Lutim

“Ada dua opsi, yang pertama itu tadi per hari. Apakah dia mau kontrak 25 hari atau 20 hari boleh. Kan, ada perda," kata Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat Sjamsu Alam.

Politisi Demokrat itu menjelaskan, PSM berpeluang menyewa dengan hitungan per bulan. Dengan begitu, stadion tidak bisa digunakan untuk agenda lain sebelum dan setelah pertandingan PSM.

"Untuk memastikan lapangan steril, stadion steril, rumputnya terjaga. Kemungkinan dia pakai 30 hari dalam sebulan," ucapnya.

Baca Juga : DPRD Puji Kinerja Akbar Ali Selesaikan Utang Pemkot Parepare

"Paling mungkin setiap bulan Rp15 jutaan. Dia akan pakai sesuai kebutuhan. Itu menjamin bahwa sebelum dia bertanding lapangan steril. Tidak ada yang boleh pakai karena sudah disewa," imbuhnya.

Opsi kedua, kata dia, Pemkot Parepare dan PSM bisa menyepakati kerja sama dengan tarif tertentu. Hanya, kerja sama belum bisa diteken sebelum pengerjaan stadion tuntas.

“Boleh juga dengan kerja sama. Untuk saat ini belum bisa dilaksanakan. Kendalanya itu masih ada kegiatan (pengerjaan) pemda di sana Sehingga untuk menentukan besaran kontrak, yaitu harus dihitung aset yang ada di dalam dulu," bebernya.

Baca Juga : PT Vale Sponsori PSM Makassar

Terpisah, Direktur Keuangan PSM, Rafiuddin Razak, mengatakan tarif stadion akan dimaksimalkan dengan menghitung per bulan.

"Perda, kan, belum berubah. Jadi perda itu yang kami tuangkan. Kami maksimalkan hitungan per hari. Kita sesuaikan grade per hari (Rp500 ribu). Jadi kami maksimalkan per bulan berapa, tinggal dihitung saja," ungkapnya.

Rafiuddin juga menyebut PT PSM terus menggenjot rencana perjanjian kerja sama. PSM membuka peluang kerja sama dalam hitungan per bulan untuk sementara.

Baca Juga : Reza Arya Pratama Dipastikan Tidak Alami Cedera Serius

“Karena stadion ini masih dalam proses pengerjaan, jadi tidak bisa jangka panjang. Misalnya, nanti sudah selesai, sudah serah terima, baru kita bahas lagi,” ujarnya.

Sekadar diketahui, besaran tarif sewa Stadion GBH sudah diatur dalam Perda Kota Parepare Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha. Pada pasal 23 poin 2 butir a disebutkan, retribusi pemakaian Stadion Gelora Mandiri (GBH) Rp500 ribu per hari. Gelanggang ini masuk kategori tempat rekreasi dan olahraga.

#DPRD Kota Parepare #PSM Makassar