Rabu, 17 Agustus 2022 20:13

Rutan Makassar Upacara HUT RI Ke-77 dengan Berbusana Adat

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rutan Makassar Upacara HUT RI Ke-77 dengan Berbusana Adat

Karutan Makassar, Moch Muhidin dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly. Beliau dengan mengingatkan dan menegaskan kembali kepada seluruh jajaran Kemenkumham untuk memililiki semangat juang para pahlawan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam balutan busana adat, jajaran pegawai Rutan Makassar menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Upacara berlangsung khidmat diikuti seluruh pegawai dan perwakilan warga binaan dari masing-masing blok hunian pada Rabu (17/8).

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih disertai iringan lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan seluruh peserta upacara. Pembacaan Teks Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan KORPS Pegawai Republik Indonesia dibacakan dengan lantang oleh petugas. Selanjutnya dilakukan penyerahan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada 11 orang pegawai.

Karutan Makassar, Moch Muhidin dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly. Beliau dengan mengingatkan dan menegaskan kembali kepada seluruh jajaran Kemenkumham untuk memililiki semangat juang para pahlawan, memiliki pandangan dan pola pikir positif, memiliki optimisme dan sikap pantang menyerah, mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan mandiri, semakin PASTI dan BerAKHLAK.

Baca Juga : Ribuan peserta padati fun walk semen Tonasa ke 54

“Esensinya kita harus ingat dan waspada. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah. Agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan dan ini perlu kita dukung bersama oleh seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM,” pintanya.

Selain membacakan sambutan Menkumham, Moch. Muhidin juga berpesan kepada petugas dan warga binaan agar menjadikan peringatan HUT Kemerdekaan RI bukan hanya seremonial belaka melainkan menjadi motivasi dan semangat untuk bangkit sesuai tema HUT RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

 

“Sebagai ASN Kemenkumham mari kita bangkit dengan semakin PASTI dan BerAKHLAK, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan ikhlas. Untuk para warga binaan tetap semangat dalam mengikuti program pembinaan, tunjukkan sikap dan baik secara konsisten, karena jika itu dilakukan dengan baik maka negara akan memberikan penghargaan salah satunya pada hari ini akan diberikan remisi kepada warga binaan," ujarnya.

Baca Juga : Petugas Rutan Makassar Gelar Pembinaan Fisik dan Mental di SPN Batua

Upara peringatan HUT RI Ke-77 diakhiri dengan pemberian remisi secara simbolis kepada 2 orang warga binaan. Total ada 231 warga binaan Rutan Makassar yang memperoleh remisi HUT RI tahun ini, 8 orang di antaranya langsung bebas.

#HUT RI #rutan makassar #ulang tahun #upacara bendera