Rabu, 17 Agustus 2022 13:11

Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke-77 di Kabupaten Wajo, Warga Turut Antusias

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, sebelum pelaksanaan upacara di Lapangan Merdeka Sengkang, Rabu (17/8/2022).
Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, sebelum pelaksanaan upacara di Lapangan Merdeka Sengkang, Rabu (17/8/2022).

Pelaksanaan upacara yang diperingati tahunan ini tetap berlangsung khidmat, teratur, dan berjalan lancar. Paskibraka berhasil mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan tanpa kendala apa pun.

RAKYATKU.COM, WAJO - Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Wajo berlangsung di Lapangan Merdeka Sengkang, Rabu (17/8/2022). Ratusan masyarakat tampak antusias menyaksikan upacara kemerdekaan, yang dalam dua tahun terakhir dilaksanakan terbatas imbas pandemi Covid-19.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, bertindak sebagai inspektur upacara (irup). Turut hadir Wakil Bupati Wajo, Amran, Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, bersama unsur pimpinan dan anggota, jajaran Forkopimda, serta Sekda Wajo, Armayani, bersama jajaran perangkat daerah lingkup Pemkab Wajo.

Selain itu, sekretaris dinas, pimpinan instansi vertikal dan lembaga, pimpinan BUMN/BUMD/perusahaan, perbankan, pimpinan perguruan tinggi, jajaran TP PKK Wajo, organisasi wanita, legiun veteran, purnawirawan dan purnabakti, pimpinan organisasi masyarakat, organisasi pers, organisasi kepemudaan, serta undangan lainnya.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Pembacaan tes proklamasi oleh Ketua DPRD Wajo dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Wajo. Sementara, peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Satpol PP Damkar, Dinas Perhubungan, BPBD, ASN, Senkom Polri, purna Paskibraka, mahasiswa dan Pramuka. Terpantau juga di sekitar lapangan, ratusan masyarakat menyaksikan upacara.

Meskipun undangan dan peserta tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya, pelaksanaan upacara yang diperingati tahunan ini tetap berlangsung khidmat, teratur, dan berjalan lancar. Paskibraka berhasil mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan tanpa kendala apa pun.

Amran Mahmud menyampaikan selamat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Wajo.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Wajo mengucapkan dirgahayu Republik Indonesia. Kita bersyukur karena Covid-19 bisa terkendali sehingga kita bisa melaksanakan berbagai kegiatan. Termasuk peringatan detik-detik proklamasi tadi dan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakkan kemerdekaan. Tetap patuhi petunjuk dari pemerintah. Semoga kita bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," kata Amran Mahmud.

Baca Juga : 145 ASN PPPK Pemkab Barru Teken Perjanjian Kerja

Setelah pelaksanaan upacara akan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Empagae, kemudian ziarah TMP Nasional Lamaddukelleng, dan upacara pemberian remisi di Rumah Tahanan Sengkang. Untuk upacara penurunan bendera sore nanti direncanakan akan bertindak selaku inspektur upacara, yakni Wakil Bupati Wajo, Amran.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Pemkab Barru #HUT Ke-77 Kemerdekaan RI