Selasa, 16 Agustus 2022 17:35

Rudianto Lallo: HUT RI Tahun Ini Jadi Momentum Penting

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo

"Kita hidup dalam kebinekaan. Karena itu mari menjaga persatuan, kebersamaan, kekompakan"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo mengapresiasi besarnya animo masyarakat menyambut perayaan HUT Kemerdekaan ke-77. 

"HUT kemerdekaan tahun ini jadi momentum penting. Ini adalah tahun pertama perayaan secara terbuka setelah 2 tahun kita berjuang melawan pandemi," kata Rudianto pada Selasa (16/8/2022).

Menurut putra Lakkang tersebut, tidak mudah keluar dari masa-masa sulit itu. Pandemi menghantam semua sektor. Indonesia, kata Rudianto bahkan sempat terjun ke jurang resesi. Namun ia memuji ketangguhan ekonomi dalam negeri.

Baca Juga : Komisi B DPRD Makassar Minta SKPD Optimalkan Program Prioritas

"Ekonomi bisa tetap kokoh menjaga selama krisis berlangsung. Akhirnya kita bisa keluar dari resesi. Khusus untuk Makassar, kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi selama masa pandemi. Ini menunjukkan kuatnya penyangga ekonomi kita. Sekarang kita masuk fase pemulihan," sebut Rudianto Lallo.

Ia menjelaskan, kemampuan menjaga stabilitas ekonomi Kota Makassar dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari faktor keamanan, politik hingga kebijakan. Tak hanya dari segi investasi, sektor UMKM Makassar juga punya peran besar selama pandemi. UMKM terbukti lebih tangguh menghadapi krisis.

"Dari faktor keamanan terlihah bahwa Makassar adalah daerah investasi yang kondusif. Kita mampu menjaga kepercayaan investor dalam memberi kepastian hukum. Kedua, geliat UMKM di masa pandemi tetap terjaga meski sedikit terpengaruh oleh pembatasan PPKM. UMKM lebih cepat pulih dibanding sektor lain. Hal ini mendorong pemulihan ekonomi secara umum ikut bergerak," katanya.

Baca Juga : Andi Ibrahim Baso Pimpin Rapat Monev Tinjau Progres Pelaksanaan Program SKPD TA 2024

Semua itu kata Rudianto, tak lepas dari program pemerintah yang berbasis ekonomi kerakyatan. Menurut dia, Wali Kota Danny menunjukkan keberpihakan pada kelompok marginal. Program yang digulirkan berbasis pada rakyat kecil. Kebijakan ini membuat ekonomi relatif terjaga.

"Dari periode pertama beliau sudah menitikberatkan pembangunan di lorong lorong. Lorong sekarang tidak identik lagi dengan kumuh. Ekonomi di lorong tumbuh. Ini yang bikin ekonomi daerah menjadi kuat," jelasnya.

Selain ekonomi, Rudianto juga mengajak masyarakat terus membangun jiwa kegotongroyongan. Karena itu Rudianto mengajak semua elemen merefleksikan hari kemerdekaan ini dengan semangat meraih masa depan yang lebih baik. Menurutnya, HUT Kemerdekaan tidak boleh sekadar perayaan seremoni. Tetapi harus meninggalkan sebuah kemerdekaan konkret di semua bidang.

Baca Juga : Sekwan Makassar Salurkan Dana Hibah Pemkot di Masjid Besar Al Amin

"Kita hidup dalam kebinekaan. Karena itu mari menjaga persatuan, kebersamaan, kekompakan. Kita bahu membahu untuk kesejahteraan rakyat. Hari ini harus jadi titik awal mewujudkan kemerdekaan ekonomi. Kemerdekaan sosial, politik dan kemerdekaan bidang pendidikan," kata politisi dari Partai Nasdem tersebut.

Rudianto Lallo menilai, animo masyarakat Kota Makassar begitu besar menyambut HUT Kemerdekaan. Ini merepresentasi kerinduan rakyat setelah 2 tahun tanpa perayaan.

“Sekarang perayaan begitu meriah di mana-mana. Alhamdulillah kita berharap kegembiraan ini meninggalkan nilai nilai patriotisme pada kita semua. Terutama pemerintah agar terus bekerja untuk kemakmuran rakyat,” ucapnya.

Baca Juga : Sekretariat DPRD Makassar Ucapkan Selamat, Danny Raih Penghargaan Baznas Award 2024

 

#dprd makassar #Rudianto Lallo #HUT RI #partai nesdem