Minggu, 07 Agustus 2022 20:30

Gubernur Andi Sudirman Bersama Bupati dan Warga Maros Panen Padi Mandiri Benih

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Andi Sudirman Bersama Bupati dan Warga Maros Panen Padi Mandiri Benih

Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul

RAKYATKU.COM, MAROS - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Bupati Maros, Chaidir Syam dan warga melakukan panen padi “Mandiri Benih” di Desa Lekopancing, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros pada Minggu (7/8/2022).

Diketahui, Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Andi Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Selain itu, benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar. Dengan target bantuan benih menyasar untuk 100 ribu hektar lahan pertanian, yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulsel.

Untuk di Kabupaten Maros sendiri, dimusim tanam April-September 2022, Pemprov Sulssel telah menyalurkan 75 ton benih untuk 5.365 orang petani, yang ditanam di lahan pertanian seluas 3.000 hektar. Di Kecamatan Tanralili, adapun luas tanam 300 hektar dan sudah panen sekitar 165 hektar.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “Alhamdulillah, hari ini kami bersama bapak Bupati Maros panen padi dari benih ‘Mandiri Benih’. Alhamdulillah, saat ini sudah mulai musim panen,” tuturnya.

Ia yang turun di sawah pun ikut memanen. Serta berdiskusi dengan petani. “Benih apa digunakan tanam pak?” tanya Andi Sudirman.

Para petani pun langsung menunjukkan benih padi andalan yang dibagikan gratis oleh Pemprov Sulsel. “Benih padi “Mandiri Benih, pak Gubernur. Bagus,” jawab petani.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Sementara itu, salah seorang petani di Desa Lekopancing, Rahman mengaku, “Alhamdulillah, Mandiri Benih dari pak Gubernur sangat bagus. Meningkat hasil pertanian kami. Terima kasih pak Gubernur,” ujarnya.

"Pertanian kami meningkat pak, biasanya 5-6 ton per hektar. Menggunakan Mandiri Benih, hasilnya meningkat, menjadi 7-8 hektar per hektar," bebernya.

#Andi Sudirman Sulaiman #gubernur sulsel #Pemprov Sulsel #bupati maros