Rabu, 27 Juli 2022 10:03

Pemkot Makassar Rancang Konsep Multiyears Empat Proyek Strategis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman.
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman.

Jika tetap dipaksakan untuk pengerjaan satu tahun anggaran, maka hasilnya berpotensi tidak berkualitas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menegaskan pembangunan empat proyek strategis akan menggunakan konsep multiyears.

Keempatnya, yakni Makassar Corp City Arena (Macca), Sekolah Terintegrasi, Mal Pelayanan Publik (MPP), dan Sirkuit Untia.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman.

Baca Juga : Bappeda Makassar Gelar Rapat Hasil Penulisan RPJPD Kota Makassar

Dia mengatakan konsep multiyears untuk keempat proyek tersebut dirancang pemerintah dikarenakan tahun ini belum bisa direalisasikan.

Sebab, ada beberapa kendala yang dihadapi organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sehingga pembangunan keempat proyek ini terpaksa harus ditunda.

“Jadi, empat proyek yang tidak bisa jalan tahun ini kita alihkan menjadi proyek multiyears dan tahun ini sudah harus jalan manajemen konstruksinya,” kata Helmy, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga : Kepala Bappeda Makassar Dampingi Wali Kota Danny Tinjau Proyek MGC

Helmy mendorong OPD untuk menuntaskan semua yang menjadi kendala, termasuk soal lahan yang belum tuntas sehingga keempat proyek ini bisa tuntas 2024 nanti.

Dengan konsep multiyears, Helmy berharap proyek strategis yang dibangun pemerintah kota bisa lebih maksimal dan memiliki kualitas yang bagus.

Sebab, menurut dia, jika tetap dipaksakan untuk pengerjaan satu tahun anggaran, maka hasilnya berpotensi tidak berkualitas.

Baca Juga : Ini Himbauan Kepala Bappeda untuk Masyarakat kota Makassar

“Jadi semua kita kejar, ada yang kita tergetkan rampung 2023 dan ada yang 2024. Sementara disusun skemanya oleh OPD masing-masing,” tuturnya.

Helmy juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk mematangkan berkas administrasi agar proyek tersebut ditender lebih awal.

“Setelah mendapat persetujuan dari dewan bisa langsung kita tender dini. Nanti kita ajukan MoU-nya pada saat pembahasan KUA-PPAS APBD-P,” ucapnya.

Baca Juga : Lima Inovasi Bappeda Makassar dalam Mendukung Program Low Carbon

Terpisah, Anggota DPRD Makassar, Mario David, mengaku sangat mendukung rencana pemerintah kota mengalihkan pembangunan empat proyek tersebut menjadi multiyears.

"Kita mendukung konsep ini, sah-sah saja kalau dialihkan menjadi multiyears karena yang terpenting empat proyek ini jalan," kata Mario.

Menurut Mario, empat proyek ini penting untuk dihadirkan. Sebab, berkaitan dengan pelayanan langsung ke masyarakat.

Baca Juga : Kepala Bappeda dampingi Walikota Makassar Sambut Kunjungan Kapolda Sulsel

"Seperti sirkuit di Untia itu bagus untuk anak-anak muda kita, begitu juga dengan MPP dan Sekolah Terintegrasi. Jadi kalau ini diusul untuk multiyears saya sangat mendukung," ucapnya.

#pemkot makassar #Bappeda Makassar