Selasa, 26 Juli 2022 23:43

Letkol Amran Aklamasi Pimpin Alumni FTI UMI

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Letkol Amran (kanan) usai terpilih secara aklamasi. (Ist)
Letkol Amran (kanan) usai terpilih secara aklamasi. (Ist)

Letkol Kav Amran Wahid terpilih secara aklamasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI Makassar) menggelar musyawarah. Musyawarah IKA FTI UMI ke-3 ini, sekaligus memilih ketua alumni yang baru.

Lalu, siapa terpilih? Dalam pemilihan salah satu fakultas bergengsi di universitas swasta terbesar di Indonesia timur ini, Letkol Kav Amran Wahid didaulat. Pria kelahiran Pinrang ini, aklamasi diberikan amanah sebagai ketua alumni FTI UMI yang baru.

Amran yang dikonfirmasi, mengaku siap menjalankan amanah. "Insya Allah, saya siap menjalankan amanah sebaik-baiknya," kata Amran kepada Rakyatku.com, Selasa (26/7).

Baca Juga : FK-UMI Roadshow di Unida Gontor, Bahas Pendidikan, Adab, dan Pembinaan Hafiz/Hafizah

Dalam kesempatan ini, hadir perwakilan dari IKA FTI UMI Region Jabodetabek, Region Sulawesi Tengah, dan Region Sulawesi Tenggara. Diperkirakan kurang lebih 250 orang yang hadir dalam acara musyawarah kali ini.

Acara serimonial dilaksanakan di pelataran Gedung FTI UMI. Hadir pula WR III (Mewakili Rektor UMI), Dekan FTI UMI, Sekretaris IKA Pusat dan alumni, mulai dari angkatan 1987 sampai 2018.

Sejumlah pengurus forkom angkatan, ikut menyajikan berbagai macam kuliner tradisional dan modern yang seluruhnya bisa di nikmati dengan gratis.

Baca Juga : BEM KBMFK-UMI Studi Banding ke FK Unisba Dorong Kolaborasi Positif

Terlihat antusias para alumni yang ingin bersilaturahim setelah sekian tahun tidak bertemu.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia, Arianto AR, ST, mengatakan, acara musyawarah kali ini adalah merupakan musyawarah yang nyaris mendekati kesempurnaan dalam pelaksanaannya dibanding dengan musyawarah sebelumnya.

"Keterlibatan pengurus lembaga di lingkup FTI UMI sangat membantu dalam proses pelaksanaan acara ini," katanya.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

Sementara itu, Ketua Steering Committee, Ir. Hatta Usman mengaku, sangat mengapresiasi kerja keras panitia yang dalam kurun waktu dua bulan. Panitia mampu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Kata dia, kerja sama dan koordinasi yang intens dilakukan, membuahkan hasil maksimal.

Dekan FTI UMI, DR.Ir. Lamatinulu, S.T.,M.T,.IPM,.Asean Eng., dalam sambutannya, juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan di gedung FTI UMI ini. "Pelaksanaan acara seperti ini, tentu akan mampu memberikan semangat baru bagi adik-adik mahasiswa yang sementara berproses menyelesaikan pendidikan mereka di FTI UMI," katanya, salut.

Baca Juga : 20 Alumni FTI UMI Makassar Siap Direkrut PT.Dua Delapan Resources

Rasa suka cita pun sangat terasa. Aumni yang hadir juga bisa bernostalgia di kampus tempat mereka kuliah dulu.

Silaturahim dan rencana- rencana strategis kedepannya, tentu bisa disinergikan antara alumni dengan fakultas. Terutama, calon sarjana kedepannya.

Satu hal menarik bahwa proses penjaringan bakal calon ketua yang dilakukan secara online, ternyata hanya mampu dipenuhi oleh satu calon. Dia adalah Letkol Kav. Ir. Amran Wahid, ST. M.M.,IPM.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI di SMP Ma’arif Makassar, Kenalkan Sediaan Farmasi dan Cara Penggunaannya Kepada Siswa

Pun pada akhirnya, secara aklamasi atau permufakatan peserta musyawarah dengan presidium sidang memutuskan Letkol Ir. Amran sebagai Ketua Umum IKA Komisariat FTI UMI Periode 2022 – 2026.

Itu juga karena penyampaian visi dan misi calon ketua Letkol Kav. Amran, sangat jelas, padat dan terukur. Sehingga, Letkol Amran terpilih secara aklamasi.

Dalam pemaparan visi misinya, Letkol Amran, menyampaikan bahwa alumni harus berilmu amaliah, beramal ilmiah, akhlakul jarimah, dan berdaya saing.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI di SMP Ma’arif Makassar, Kenalkan Sediaan Farmasi dan Cara Penggunaannya Kepada Siswa

IKA FTI, kata dia, harus amanah dengan tugasnya membesarkan FTI UMI. Di luar kampus, wajib berdaya saing tinggi untuk kemajuan almamater, kemaslahatan masyarakat, bangsa, dan negara.

Amran menjelaskan soal integritas. Ia menegaskan perlu memajukan almamater dengan daya saing untuk kemaslahatan, membentuk hubungan secara keseluruhan, kolektif demi tujuan bersama.

Selain itu, lanjut dia, militan. Dalam artian, almamater perlu memiliki sikap mlitansi dalam kerja dan punya semangat kerja tinggi.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI di SMP Ma’arif Makassar, Kenalkan Sediaan Farmasi dan Cara Penggunaannya Kepada Siswa

Demikian pula, aspiratif. Yaitu, memaksimalkan dan mengakomodir setiap masukan atau saran untuk kemajuan FTI UMI dan IKA FTI UMI.

Tak kalah pentingnya, naratif. Alumni, kata Amran, harus bekerja dan menjelaskan secara komprehensif. Menjelaskan secara utuh permasalahan yang dihadapi, sehingga mendapatkan solusi yang baik dan tepat.

Tidak mudah, memang, lanjut Letkol Amran. Kata dia, untuk mencapai kemajuan yang diharapkan, perlu kajian-kajian dari fakta yang ada untuk kemaslahatan almamater, masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI di SMP Ma’arif Makassar, Kenalkan Sediaan Farmasi dan Cara Penggunaannya Kepada Siswa

Rencana, pengukuhan atau pelantikan Ketua Umum Letkol Amran dan kabinetnya akan digelar dalam waktu dekar di Hotel Claro, Makassar.

#FTI UMI Makassar #Letkol Kav Amran Wahid #Universitas Muslim Indonesia #IKA FTI UMI