Selasa, 19 Juli 2022 16:17

Dipercaya Dapat Menangani Persoalan Bangsa, Survei Prabowo Subianto Tertinggi Capres 2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Untuk mengusung calon presiden, Gerindra hanya butuh satu teman koalisi demi memenuhi aturan ambang batas 20 persen bagi parpol untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden

RAKYATKU.COM - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi yang tertinggi di bursa calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 saat ini.

Hal ini sesuai dengan hasil survei Skala Survei Indonesia (SSI) yang diperoleh dari survei terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan dengan metode sampling multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95,0 persen pada periode 3 hingga 12 Juli 2022.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

Baca Juga : Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Rawan Tersandera Kelompok Oligarki

Elektabilitas Prabowo dinyatakan berada di angka 25,08 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat dua dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada posisi tiga.

"Prabowo 25,08 persen, Ganjar 20,83 persen, dan Anies 20,75 persen," ucap Direktur Eksekutif Abdul Hakim, Selasa (19/7).

Dikatakan, Gerindra dan Prabowo dimungkinkan menjadi salah satu sumbu utama penentu arah koalisi partai politik menjelang Pemilu 2024. Kemungkinan itu dapat terjadi karena Gerindra dan Prabowo memenuhi tiga kriteria dalam membangun koalisi, yaitu elektabilitas capres, kemungkinan mendapatkan tiket menjadi capres, serta tokoh capres yang dinilai mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

Untuk mengusung calon presiden, Gerindra hanya butuh satu teman koalisi demi memenuhi aturan ambang batas 20 persen bagi parpol untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden. Hal itu bakal mempengaruhi bentuk koalisi.

"Apakah Gerindra hanya cukup puas dengan satu teman koalisi saja atau lebih dari satu teman koalisi? Situasi ini akan sangat berdampak pada konstelasi koalisi yang akan terbentuk ke depan," tambahnya.

Berdasarkan survei SSI ditemukan bahwa Prabowo merupakan tokoh nasional yang paling dipercaya masyarakat dapat mengatasi tiga persoalan utama di Indonesia, selain Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Strategi Ganjar-Mahfud Cegah "akal-akalan" di TPS

Sebelumnya, hasil survei yang dirilis Indopol menempatkan Ganjar dan Anies di dua posisi teratas tingkat elektabilitas calon presiden 2024. Bersamaan dengan elektabilitas keduanya yang terus menanjak, tren elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto justru mengalami penurunan.

Adapun hasil survei yang dirilis Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) sepekan sebelumnya pada Jumat (8/7), Prabowo justru memuncaki tingkat keterpilihan atau elektabilitas.

Sosok yang merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) itu unggul dengan 29,3 persen dari Ganjar dengan 17,9 persen, lalu Anies dengan 14,2 persen. Ridwan Kamil tetap berada di posisi keempat.

Baca Juga : Pengamat: Ahok Potensial Gerus Pemilih Prabowo-Gibran

Sumber: cnnindonesia.com

#Prabowo Subianto #partai gerindra #Pilpres 2024 #Capres