Sabtu, 16 Juli 2022 20:28

Tamsil Linrung Berbagi Pengalaman Membangun Jaringan International di Kampus UMI

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tamsil Linrung Berbagi Pengalaman Membangun Jaringan International di Kampus UMI

"Bulan lalu saya ke Lebanon, Yordania, Austria, Dubai, Qatar dan Korea Selatan. Di negara-negara tersebut terbuka peluang bagi anak-anak kita untuk melanjutkan  pendidikan dan bekerja"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Senator asal Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung memenuhi undangan dari rektor UMI. Tamsil hadir dalam acara Tudang sipulung merekonstruksi entitas global masyarakat Sulsel yang dilaksanakan di aula Fakultas kedokteran Univ Muslim Indonesia jalan perintis kemerdekaan.

Sebagai tokoh nasional asal sulsel yang memiliki jaringan international, Tamsil dipercaya untuk membagikan kisah dan pengalaman selama membangun jaringan pendidikan dan dakwah di tingkat global. s

Seperti diketahui selain menjadi senator di DPD RI, Tamsil Linrung merupakan pendiri sekolah berjaringan Insan Cendekia Madani (ICM) salah satu cabangnya saat ini juga hadir di USA.

Baca Juga : FK-UMI Roadshow di Unida Gontor, Bahas Pendidikan, Adab, dan Pembinaan Hafiz/Hafizah

Tamsil meyampaikan terkait dengan pendidikan,

Saya membangun sekolah ICM di Serpong karena gelisah melihat perkembangan pendidikan kita yang semakin terbelakang. Terlebih ketika membandingkan  dengan kemajuan sekolah-sekolah berstandar internasional di Tangerang," katanya.

"Dari rumah ke kantor di Senayan, saya selalu melewati sekolah-sekolah internasional, juga kadang terlihat ada penunjuk arah menuju sekolah-sekolah Islam," katanya.

Baca Juga : BEM KBMFK-UMI Studi Banding ke FK Unisba Dorong Kolaborasi Positif

Ia menjelaskan, di Amerika kita semakin diterima oleh semua kalangan. Kita punya pesantren di tempat strategis untuk pendidikan. Pesantren Nur Inka Madani. Dipimpin seorang putra Kajang yang menjadi tokoh populer di dunia.

Pesantren pertama di Amerika yang awalnya seluas 7,4 hektar. Sekarang sudah lebih dari 10 hektar. Persisinya 10,5 hektar. Dibeli dengan diangsur selama beberapa tahun. Ini sebagai sebuah bukti trust pemiliknya kepada Imam Shamsi Ali. Alhamdulilah melalui Imam Shamsi Ali kita semakin memperkuat jejaring yang telah kita buka.

"Bulan lalu saya ke Lebanon, Yordania, Austria, Dubai, Qatar dan Korea Selatan. Di negara-negara tersebut terbuka peluang bagi anak-anak kita untuk melanjutkan  pendidikan dan bekerja," katanya.

Baca Juga : PkM Dosen Farmasi UMI: Produksi Kerupuk Bawang Sehat Bergizi Berbahan Tepung Ampas Tahu

Ia juga menyebut Alumni ICM sudah tersebar di seluruh benua.

"Setiap kali saya melakukan perjalanan keluar negeri saya selalu meluangkan waktu bertemu dengan mereka. Baru-baru ini saya dua orang alumni Universitas Moskow sebagai sarjana Penerbangan dan satu lagi sebagai Sarjana Nuklir sempat singgah di kediaman saya di Jakarta sebelum dia pulang kampung ke Malakaji dan Maluku Utara," bebernya.

#Tamsil Linrung #Senator #Universitas Muslim Indonesia #Pendidikan #Perguruan Tinggi