Senin, 04 Juli 2022 15:30

Gubernur Anies Apresiasi Langkah Cepat Kementan Siapkan Pangan Jelang Idul Adha

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Anies Apresiasi Langkah Cepat Kementan Siapkan Pangan Jelang Idul Adha

"Bahkan terkait dengan penyediaan ternak kurban yang sekarang banyak dibicarakan ada penyakit PMK, kita sangat yakin dengan SOP yang diterapkan kementan PMK ini bisa ditangani dengan baik"

RAKAYATKU.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi langkah cepat jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyediakan kebutuhan pangan dan hewan ternak jelang hari raya idul adha mendatang.

Menurut Anies, kebutuhan pangan adalah kebutuhan vital yang wajib menjadi perhatian bersama.

"Kami di Pemorov DKI bersyukur karena terus mendapat dukungan dari Kementan. Termasuk dalam menghadapi tantangan yang ada. Saya bersyukur kita semua di Jakarta terpenuhi pangannya," katanya.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Anies  mengatakan, Pemprov DKI bahkan sudah haqqul yaqin pangan yang ada saat ini dalam kondisi aman dan terkendali. Tidak ada masalah kekurangan apalagi kelangkaan.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Bahkan terkait dengan penyediaan ternak kurban yang sekarang banyak dibicarakan ada penyakit PMK, kita sangat yakin dengan SOP yang diterapkan kementan PMK ini bisa ditangani dengan baik," tambahnya.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menegaskan bahwa sektor pangan merupakan sektor yang sangat penting dan memiliki keterkaitan dengan sektor apapun. Termasuk pembukaan lapangan kerja hingga berjuta-juta.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

"Pangan bukan hanya untuk makan, Bapak, pangan adalah juga lapangan kerja, adalah stabilisasi ekonomi dan inflasi. Bahkan panganlah yang memutar industri lain bisa bekerja. Jadi apa yang kita lakukan ini adlah untuk kemaslahatan orang banyak," katanya.

Sebelumnya Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung kesiapan idul adha di wilayah DKI Jakarta dengan menyediakan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan lainya seperti komoditas bawang, minyak goreng, beras dan aneka jenis cabai.

Khusus untuk cabai dan hewan ternak, SYL memastikan akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah sentra seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri bahkan sampai pulau Sulawesi. Sedangkan untuk keamanan hewan ternak, SYL juga memastikan proses vaksinsi terus berjalan dan sapi yang keluar dari zona merah sudah melalui pemeriksaan, karantina dan pemberian vitamin.

#kementan #Syahrul Yasin Limpo #Anies Baswedan