Jumat, 01 Juli 2022 23:22

Kampung Hijau Energi, Yayasan Hadji Kalla Dorong Transisi Energi Terbarukan di Perdesaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kampung Hijau Energi merupakan pengembangan dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang telah sukses digelar tahun lalu.
Kampung Hijau Energi merupakan pengembangan dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang telah sukses digelar tahun lalu.

Program ini akan dimulai dengan pembangunan reaktor biogas di 4 desa yang juga berlokasi di 4 kabupaten, yakni Gowa, Takalar, Bone, dan Wajo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla (YHK) terus melakukan inovasi melalui berbagai programnya di perdesaan. Salah satunya mendorong transisi energi terbarukan melalui Kampung Hijau Energi.

Program tersebut pun sudah memasuki tahap persiapan, lalu dijalankan pada pertengahan tahun ini. Kampung Hijau Energi merupakan pengembangan dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang telah sukses digelar tahun lalu.

"Tahun ini kita menargetkan pendekatan yang lebih besar kepada masyarakat. Targetnya bagaimana bisa membuat sentra edukasi di masyarakat akan isu energi baru dan terbarukan. Nah, kita mulai dari bioenergi," ungkap Sapril Akhmady, Manager Bidang Kemanusiaan, Lingkungan, & Kesehatan YHK, dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana Hingga Rp40 Miliar Untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024 Melalui Yayasan Hadji Kalla

Program ini akan dimulai dengan pembangunan reaktor biogas di 4 desa yang juga berlokasi di 4 kabupaten, yakni Gowa, Takalar, Bone, dan Wajo. Reaktor biogas dapat menghasilkan dua manfaat sekaligus, yakni energi alternatif dengan memanfaatkan kotoran hewan serta ampasnya bisa diolah menjadi pupuk organik yang dikenal dengan bio-slurry.

Kemudian, pada lokasi pembangunan reaktor biogas tersebut akan dijadikan sebagai sarana edukasi dan latihan bagi masyarakat lainnya untuk membangun sarana serupa. Selain mendorong transisi energi terbarukan, misi dari program ini ialah menciptakan aktivitas perekonomian baru di perdesaan.

"Target terakhir kita juga akan ada empat gerai pupuk mandiri di desa. Kita akan melakukan pendampingan secara konsisten, mulai dari pelatihan, pemanfaatan hingga membuat bisnis plan bagaimana mendatangkan dampak ekonomi bagi kelompok tani ternak," ungkap Sapril.

Baca Juga : KALLA Siapkan Dana hingga 40 Milyar untuk Corporate Social Activities Program Sepanjang Tahun 2024

Adapun syarat utama bagi calon pemanfaat program Kampung Hijau Energi ialah paling tidak kelompok tani ternak memiliki tiga ekor sapi dan komitmen membuat kandang jika tidak memiliki kandang. Program ini kembali dilanjutkan dengan melihat hasil evaluasi pelaksanaan tahun lalu yang menunjukkan hasil positif di Desa Simbang dan Desa Sambueja, Kabupaten Maros.

"Pertama, bagaimana desa tersebut memberikan komitmen untuk mengembangkan pilot project. Kemudian, memasukkan 3-4 perencanaan membangun reaktor biogas bagi keluarga yang tertarik. Selain itu, mereka juga menginisiasi lokasinya sebagai sentra edukasi hingga sampai sekarang sudah banyak kelompok-kelompok tani ternak yang datang dari kecamatan lain," beber Sapril. (*)

Penulis : Lisa Emilda
#Kalla Group #Yayasan Hadji Kalla #Kampung Hijau Energi