Selasa, 28 Juni 2022 21:15

Dapat Restu dari Presiden Jokowi, PSSI Resmi Ajukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua PSSI Mochammad Iriawan (Dok: PSSI)
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua PSSI Mochammad Iriawan (Dok: PSSI)

Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah hal itu setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

RAKYATKU.COM -- Indonesia akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Seperti diketahui bersama, Piala Asia 2023 seharusnya digelar di Tiongkok pada 16 Juni - 16 Juli 2023. Namun, Tiongkok memilih mengundurkan diri sehubungan dengan kasus Covid-19 yang meningkat.

Kini, AFC menawarkan semua negara yang masuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. AFC memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

Sebelumnya Indonesia melalui PSSI masih mengkaji untuk ikut bidding Piala Asia 2023. Sebab, penyelenggaraan Piala Asia 2023 berdekatan dengan berakhirnya Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Baca Juga : PSSI Hentikan Liga 1

Namun, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah hal itu setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/6/2022)

 

“ Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Iriawan.

Baca Juga : Pasca Tragedi Kanjuruhan, Menpora Minta PSSI Evaluasi Secara Total Sistem Kompetisi Sepak Bola Indonesia

Sejauh ini sudah ada 4 negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Sponsored by MGID

Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus . Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Apalagi Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.

Baca Juga : Tragedi Kanjuruhan Telan Ratusan Korban Jiwa, SESMI Minta Kapolda Jatim dan Ketum PSSI Mundur

Sebelumnya pada jumpa pers di Kantor Kemenpora, Zainudin Amali menyebut PSSI akan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menpora menyebut PSSI sudah menyampaikan permohonan dan Pemerintah telah mendukung langkah tersebut.

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah. Hasilnya seperti apa [dilihat nanti], karena Korea [Selatan], Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah," kata Menpora.

Menpora menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah.

Baca Juga : Kerusuhan di Kanjuruhan, PSSI Larang Arema FC Jadi Tuan Rumah Sepanjang Musim Ini

"Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silahkan kita mengajukan diri," pungkasnya.

#Piala Asia 2023 #PSSI #Kemenpora