Jumat, 24 Juni 2022 19:55

Milad UMI, Taufan Pawe: Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Timur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Milad UMI, Taufan Pawe: Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Timur

"UMI dapat menjadi kampus yang terus melahirkan intelektual yang profesionalisme berlandaskan keislaman dan menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia timur. Embracing smart university," kata Taufan Pawe.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) turut menyambut baik Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kini memasuki usia 68 tahun. TP tak lupa memberikan ucapan selamat.

“Atas nama Pemerintah Kota Parepare saya mengucapkan yaumul milad Universitas Muslim Indonesia yang ke-68 tahun,” kata TP, Kamis (23/6/2022).

"UMI dapat menjadi kampus yang terus melahirkan intelektual yang profesionalisme berlandaskan keislaman dan menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia timur. Embracing smart university," tambahnya.

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Wali Kota Parepare dua periode ini mengungkapkan, UMI merupakan almamater pertamanya. Dirinya tercatat sebagai alumni Fakultas Hukum UMI angkatan 1983. Dari sana, dirinya mendapat banyak bekal hingga menjadi profesional hukum.

"Setelah saya lulus dipercayakan menjadi dosen dan mengajar di Fakultas Hukum. Alhamdulillah bekal ilmu dari FH UMI, membawa saya melanjutkan karier sebagai advokat. Dari sanalah saya bisa sampai ke titik ini menjadi Wali Kota Parepare," katanya.

Ketua DPD I Golkar Sulsel itu menyebutkan, UMI memiliki keistimewaan tersendiri. Kampus terkemuka di kawasan timur Indonesia ini hadir sebagai lembaga pendidikan dan dakwah sehingga bisa melahirkan mahasiswa berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlakul karimah.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

"Tidak hanya mengejar dunia saja, namun UMI juga konsisten menyeimbangkan iman dan takwa para mahasiswanya sehingga banyak pelajaran dan pembentukan karakter positif yang saya dapatkan dari UMI. Salah satunya mengajarkan saya untuk terus berjuang dan tidak putus asa," jelasnya.

Sementara Rektor UMI, Prof. Basri Modding, mengatakan UMI akan terus melakukan inovasi dalam meningkatkan akreditasi guna menjadi kampus unggulan pilihan mahasiswa di Indonesia bagian timur.

"Di usia 68 tahun ini termasuk usia panjang yang perlu direfleksi, Alhamdulillah kami bersyukur atas berbagai prestasi gemilang yang telah dicapai UMI di antaranya secara akreditasi UMI sudah terakreditasi unggul. Alhamdulillah sejak tahun akademik 2021/2022 kita telah membuka kelas internasional sebagai bagian dari implementasi kerja sama UMI," ungkapnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

UMI menempati peringkat ke-79 PTS terbaik di Indonesia versi Webometric serta perungkat ke-12 PTS terbaik di Indonesia versi Scimago 2021. "Alhamdulillah terjadi peningkatan jumlah perolehan akreditasi program studi dati BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), yaitu sembilan prodi terakreditasi unggul dan 12 program studi yang terakreditasi A, sisanya terakreditasi sangat baik dan B serta hanya 3 yang berakreditasi minimum," paparnya. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe #Universitas Muslim Indonesia