Rabu, 22 Juni 2022 16:18

Jokowi Akan Temui Presiden Rusia dan Ukraina

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (foto/kemhan.go.id)
Presiden Joko Widodo (foto/kemhan.go.id)

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia"

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Hal ini seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Repulik Indonesia Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (22/6).

Kunjungan tersebut bakal dilakukan Jokowi setelah mengikuti Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) G7 pada Minggu (26/6) hingga Senin (27/6).

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kyiv, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan ke dua negara ini merupakan kunjungan yang dilakukan dalam situasi yang tidak normal," kata Retno Marsudi

Baca Juga : Uni Eropa Telah Menemukan Kesepakatan untuk Balas Dendam ke Rusia

"Di dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden [Ukraina Volodymyr] Zelensy dan Presiden [Rusia Vladimir] Putin," lanjutnya.

Kunjungan ini sebagai bentuk kepedulian RI dan kontribusi menangani krisis pangan yang menjadi imbas perang serta mendorong perdamaian.

"Presiden Jokowi akan merupakan pemimpin Asia pertama yang akan melakukan kunjungan ke dua negara tersebut," sebutnya.

Baca Juga : 28 Pejabat Keamanan Dipecat Zelensky

Sebelumnya, pada 21 Februari lalu Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan pengakuan kedaulatan terhadap Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk. Rusia mengakui republik Donbass sesuai dengan konstitusi dalam batas-batas wilayah Donetsk dan Luhansk pada awal 2014.

Sponsored by MGID

Selanjutnya, pada 24 Februari, Putin mengatakan bahwa Rusia melancarkan operasi militer khusus di Ukraina. Ini sebagai tanggapan atas permintaan para kepala republik Donbass untuk melindungi orang-orang yang telah menderita dan genosida oleh rezim Kiev selama delapan tahun.

#Presiden Jokowi #Rusia vs Ukraina #perang dunia