Jumat, 10 Juni 2022 13:20

Masjid Al Markaz Makassar Gelar Salat Gaib untuk Eril dan Korban KM Ladang Pertiwi

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suasana Salat gaib di Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M. Jusuf, Kota Makassar (Foto: Usman Pala/ Rakyatku.com)
Suasana Salat gaib di Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M. Jusuf, Kota Makassar (Foto: Usman Pala/ Rakyatku.com)

"Marilah kita salat gaib atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtadz (Eril) anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa jenazah yang tenggelam di laut,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M.Jusuf, Kota Makassar menggelar salat gaib untuk Emmeril Khan Mumtadz atau Eril anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) yang meninggal dunia tenggelam di Sungai Aare, Swiss yang jasadnya baru ditemukan pada Rabu (8/6/2022) Waktu Swiss.

Salat gaib juga dilakukan untuk korban KM Ladang Pratiwi yang tenggelam di perairan Selat Makassar 27 Mei 2022.

Pantauan Rakyatku.com di lokasi Jumat (10/6/2022), salat gaib dimulai pada pukul 12.50 WITA setelah melaksanakan salat Jumat. Salat gaib dipimpin oleh imam besar Masjid Al Markaz Al Islami Drs. KH Masykur Yusuf.

Baca Juga : Ribuan Orang Meninggal Akibat Gempa Maroko dan Banjir Libya, Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib

"Marilah kita salat gaib atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtadz (Eril) anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa jenazah yang tenggelam di laut," kata Imam.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel memberi imbauan melaksanakan salat gaib untuk korban KM Ladang Pratiwi dan atas meninggalnya Emmeril Khan Mumtadz (Eril).

“Kita menghimbau kepada semua masjid dan para imam yang ada di Sulsel untuk memprakarsai salat gaib ini. Adapun waktu pelaksanaan habis salat Jumat (10/6/2022) karena merupakan waktu yang tepat di mana semua kaum muslimin berkumpul,” kata Ketua Komite Dakwah Khusus (KDK) MUI Sulsel Drs KH Masykur Yusuf dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga : Kemenag Imbau Umat Islam Gelar Salat Gaib untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

KH Masykur, ketua Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulsel, mengungkapkan, salat gaib merupakan bentuk kepedulian dan salah satu cara untuk mendoakan para korban yang meninggal agar diberi tempat yang layak di sisi Allah swt.

“Kita juga menyampaikan belasungkawa dan kiranya keluarga yang ditinggalkan agar diberi kesabaran,” ujar KH Masykur. (*)

#Salat gaib #Masjid Al Markaz #Emmeril Khan Mumtadz #KM Ladang Pertiwi