Sabtu, 21 Mei 2022 07:41

Rehab DI Cenrana Dimulai, Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Masyarakat Meningkat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penanganan Daerah Irigasi (DI) Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022.
Penanganan Daerah Irigasi (DI) Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022.

"Diharapkan dengan peningkatan saluran irigasi DI Cenrana, maka akan menambah luasan aliran air dari Kanal Basri Palaguna ke lahan pertanian masyarakat," tutur Sudirman.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi (DI) Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022 ini.

Hal ini menjadi fokus Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk infrastruktur pertanian. Apalagi Sulsel dikenal sebagai daerah yang menjadi penopang pangan nasional.

"Saat ini tengah progres pengerjaan rehab DI Cenrana di Kabupaten Wajo. Target kita untuk menambah luas areal aliran irigasi ke lahan pertanian masyarakat," kata Sudirman, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Adapun luas areal yang akan dilayani pada pekerjaan rehab 2022 ini sekitar 662 hektare. Dengan luas fungsional 910 hektare.

"Diharapkan dengan peningkatan saluran irigasi DI Cenrana, maka akan menambah luasan aliran air dari Kanal Basri Palaguna ke lahan pertanian masyarakat," tuturnya.

Selain itu, dengan rehab saluran irigasi ini akan mengurangi tingkat kehilangan air di saluran. "Tentu diharapkan meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat yang muaranya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat," imbuhnya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Untuk pengerjaan pada bangunan pelimpah akan berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air agar tetap aman saat terjadi banjir. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman