Kamis, 19 Mei 2022 16:48

Pemkab Jeneponto Teken MoU dengan BBPOM Makassar

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkab Jeneponto Teken MoU dengan BBPOM Makassar

Beberapa lintas sektor yang hadir dalam penandatanganan MoU antara lain Kepala Desa Rumbia, Lurah Tolo, Kepala Pasar Allu, Kepala Pasar Tarowang, Kepala SMP 1 Binamu, SMP 5 Binamu dan SMP 1 Tarowang.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Bupati Jeneponto Iksan Iskandar hadir dan membuka kegiatan koordinasi antara Balai Besar POM Makassar bersama beberapa OPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Jeneponto di Hotel Binamu, Kamis, (19/05/2022)

Kegiatan koordinasi tersebut sekaligus menjadi pertemuan bersama antar lintas sektor guna mendukung tiga Program Prioritas Nasional yang di gawangi BBPOM.

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Lepas 157 Calon Jemaah Haji, Bupati Jeneponto: Utamakan Bebersamaan, Jaga Kesehatan

Beberapa lintas sektor yang hadir dalam penandatanganan MoU antara lain Kepala Desa Rumbia, Lurah Tolo, Kepala Pasar Allu, Kepala Pasar Tarowang, Kepala SMP 1 Binamu, SMP 5 Binamu dan SMP 1 Tarowang.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar Hj. Harda Nengsih menjelaskan, bahwa ketiga program prioritas nasional antara lain yakni pasar pangan aman berbasis komunitas, pangan jajanan anak usia sekolah dan desa pangan aman.

Dia menambahkan, bahwa program pasar pangan aman berbasis komunitas dilaksanakan guna menjamin keamanan mutu pangan olahan yang beredar di masyarakat.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Rekomendasikan Buku "Tau Nipakalakbiritta di Bumi Anoa"

Sedangkan program pangan jajanan anak usia sekolah diperuntukkan untuk memberdayakan komunitas sekolah dalam pengawasan pangan jajanan anak sekolah bebas dari bahan berbahaya.

Sponsored by MGID

sementara program Desa Pangan Aman (Paman) menjadi salah satu upaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meningkatan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman serta mendukung gerakan pemerintah mencegah Stunting.

"Terima kasih bapak bupati, kepala OPD terkait dan stakeholders atas kerjasama dalam mendorong revitalisasi program sehingga budaya pangan aman didesa dapat berkembang guna mendukung terbentuknya kabupaten/kota pangan aman," terangnya.

Baca Juga : IKA BKPRMI Gelar Raker, Bupati Jeneponto Sebut Sebagai Wadah Silaturahmi

Ditempat yang sama Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menyampaikan harapan, agar kegiatan vokasi dan koordinasi terpadu yang diinisiasi BBPOM dapat berjalan sinergi serta berkelanjutan.

Bupati dua periode itu berharap agar tiga program prioritas yang menjadi domain kesepakatan itu mampu memberikan dampak positif dimasa yang akan datang.

"Terima kasih badan POM atas kerjasamanya mudah-mudahan program yang dilakukan ini dapat memberi dampak positif terhadap kesehatan dan keberlangsungan generasi kita dimasa depan," ujarnya.

Baca Juga : Pusat Pemasaran Produk Pangan, Bupati Jeneponto Luncurkan Baruga Pakoko Smart

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Jeneponto Nur Alam, Kadis Perindustrian H. Manrancai Sally, Kadis Kesehatan, Plt. Kadis Kominfo Mustaufiq, Camat Binamu M. Ilyas Mattewakkang dan beberapa pejabat lingkup Pemerintah Jeneponto.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #BBPOM Makassar