Kamis, 19 Mei 2022 08:15

Menkes Puji Pemprov Sulsel, Tertinggi Nasional Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman.

Cakupan imunisasi dasar lengkap 2021 di Sulsel telah mencapai 99,9 persen.

RAKYATKU.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, memuji upaya Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, yang berhasil membawa Sulsel pada urutan pertama tertinggi untuk cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) 2021.

Hal itu diakui Budi saat berdialog virtual dengan Gubernur Sulsel secara virtual pada Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Nasional 2022, Rabu (18/5/2022).

"Pak Gubernur, terima kasih banyak (cakupan IDL). Sulsel luar biasa. Terima kasih Pak Gubernur, bupati, wali kota, ibu-ibu PKK, nakes, Dinkes, serta kader-kadernya," kata Budi.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

Budi mengaku, dengan cakupan imunisasi dasar lengkap akan memberikan imun bagi anak-anak di masa depan. “Luar biasa, anak muda Sulsel nantinya seperti nenek moyangnya,” pungkasnya.

Budi pun berkelakar merindukan berkunjung ke Sulsel. “Setiap kali ke Sulsel, makanannya enak,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melaporkan cakupan imunisasi dasar lengkap 2021 di Sulsel telah mencapai 99,9 persen. "Ini menempatkan Sulsel peringkat pertama secara nasional,” sebutnya.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Sudirman menyampaikan, capaian itu tidak lepas dari dukungan dan pelibatan dari bupati/wali kota, jajaran Forkopimda, PKK, tokoh lintas agama, dan mitra kerja dari UNICEF. “Kami harap target kami untuk imunisasi dasar lengkap lanjutan ini bisa dipertahankan,” imbuhnya.

Adapun target sasaran imunisasi dasar lengkap tahun ini 1,9 juta lebih anak. Sudirman berharap para orang tua dapat memahami pentingnya imunisasi bagi anak-anak. (*)

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Budi Gunadi Sadikin