Rabu, 18 Mei 2022 14:59

Kampus UMKM Shopee Hadir di Sulsel, Gubernur Harap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Naik Kelas

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian kampus UMKM Shopee Makassar
Peresmian kampus UMKM Shopee Makassar

"Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Shopee dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan hari ini meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar. Kampus ini fokus untuk pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sulsel guna meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital Melalui ekosistem bisnis digital.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap dengan hadirnya Kampus UMKM Shopee akan membangkitkan usaha UMKM di Sulawesi Selatan. Saya mengapresiasi Shopee sebagai salah satu platform yang turut mendukung pengembangan UMKM.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami tentu sangat mengapresiasi kehadiran kampus UMKM Shopee ini. Kita harap hadirnya Kampus UMKM ini dapat membantu UMKM kita di Sulsel dalam mengembangkan produk baik mutu, kualitas, pengemasan dan lainnya,” kata Andi Sudirman di Kampus UMKM Shopee Makassar pada Rabu (18/5/2022).

Baca Juga : DKP Sulsel Tanam 38 Ribu Batang Mangrove di Kabupaten Bone

Ia berharap dengan hadirnya Kampus UMKM akan membangkitkan produk dan menstandarisasi produk UMKM untuk lebih baik. Apalagi jumlah UMKM yang terdata di Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel lebih dari 1,5 juta UMKM.

“Semoga dapat membantu UMKM dalam mengembangkan produk, untuk bisa naik kenal. Mari kita membangun Kepemilikan ekonomi dari UMKM. Yang tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,”.

 

Sementara itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menambahkan bahwa Kampus UMKM Shopee Makassar ini menjadi yang ke-9 di Indonesia dan pertama di Sulawesi. Ia menegaskan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi masyarakat pegiat UMKM di Sulawesi pada umumnya.

Baca Juga : Selamat Datang Meritokrasi, Selter Pratama Berganti “Nine Box Talent Management”

"Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Karenanya, kami memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar," katanya.

Sponsored by MGID

berharap kampus ini dapat menjadi one stop service bagi para pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya secara optimal.

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Shopee untuk turut berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal," jelas Ade.

Baca Juga : Dukung Program Jokowi, Andi Sudirman Munculkan “BajuBodo” Sebagai Marketplace Sulsel

Ade menyebut, UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Ini menjadi alasan untuk terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses digitalisasi Kampus UMKM Shopee Makassar.

"Ke depannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya secara digital," tutup Ade.

 

Baca Juga : Bapanas: Terima Kasih Pemerintah dan Petani Wajo

Fasilitas dan Layanan di Kampus UMKM Shopee Makassar

Kampus UMKM Shopee Makassar yang terletak di Jl. A. P. Pettarani No. 49. Masale, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan hadir dengan berbagai fasilitas dan layananyang dapat digunakan secara gratis, antara lain;

Pelatihan Intensif : Pelaku UMKM dapat mendaftarkan din untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre. pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan Pembangunan Tapal Batas Kota Rp450 Juta

Pendampingan Bisnis : Trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

Fasilitas untuk Pengembangan Usaha seperti ;

Studio Foto lengkap dengan peralatan pencahayaan agar UMKM dapat mengambil foto produk yang menarik.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan Pembangunan Tapal Batas Kota Rp450 Juta

Ruang Live Streaming bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live (jualan secara live streaming) untuk mempromosikan produk.

Fasilitas Penunjang dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk.

Untuk diketahui, sejak tahun 2015, Shopee Indonesia merupakan e-commerce yang menghubungkan perusahaan, penjual, dan bisnis.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Serahkan Bantuan Pembangunan Tapal Batas Kota Rp450 Juta

Shopee menghadirkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik untuk menikmati jutaan pengguna setiap hari. Shopee ikut membantu perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan komitmen kuat untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah sukses di dunia e-commerce.

Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE SE), perusahaan konsumen global terkemuka berbasis intemel Misi. Selain Shopee, bisnis inti Sea lainnya mencakup bagian hiburan digital, Garena, dan layanan keuangan digital seperti ShopeePay dan SPayLater.

 

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #shopee