Sabtu, 14 Mei 2022 10:56

Temui Bupati Suardi Saleh, USAID MADANI Perkuat Kerja Sama dengan Pemkab Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima kunjungan kerja (kunker) Direktur Democratic Resilience Governance (DRG) USAID MADANI, Walter Doetsch, beserta jajarannya di ruang kerjanya, Jumat (13/5/2022).
Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima kunjungan kerja (kunker) Direktur Democratic Resilience Governance (DRG) USAID MADANI, Walter Doetsch, beserta jajarannya di ruang kerjanya, Jumat (13/5/2022).

"Alhamdulillah, koordinasi antara pemerintah daerah dengan mitra utama USAID MADANI dalam hal ini Perkumpulan Pertanian Organik (PPO) Daun Hijau dan FC USAID MADANI dapat berkolaborasi dengan baik sehingga semua tetap terlaksana sesuai harapan," beber Suardi Saleh.

RAKYATKU.COM, BARRU - Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, sejak awal 2020, mendapatkan pembinaan istimewa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru yang bekerja sama Lembaga Donor USAID dengan tajuk Program Madani. Bertujuan untuk peningkatan kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan masyarakat sipil.

Sejalan dengan hal itu, Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima kunjungan kerja (kunker) Direktur Democratic Resilience Governance (DRG) USAID MADANI, Walter Doetsch, beserta jajarannya di ruang kerjanya, Jumat (13/5/2022).

"Selamat datang di Barru dan terimakasih kepada tim kunjungan DRG USAID MADANI yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi di Kabupaten Barru ini," ujarnya Suardi yang tampak ceria dengan kehadiran tokoh USAID Indonesia di Barru.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

Ia menyampaikan rasa terima kasih dan uraian mengenai pelaksanaan Program Madani di Barru yang telah berjalan kurang lebih dua tahun dengan berbagai tantangan. Salah satunya pandemi COVID-19 sehingga adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Kemudian, masih adanya CSO (civil society organization) lokal yang keberadaannya tidak tercatat di Dinas Kesbangpol Barru.

"Namun, dengan keterbatasan itu program USAID MADANI tetap bisa berjalan dengan baik di Barru," ujarnya sembari mengakui bahwa kapasitas kualitas sumber daya manusia (SDM) CSO lokal di Barru masih perlu ditingkatkan dalam manajemen dan lembaga.

Diketahui, Barru merupakan 1 dari hanya 6 kabupaten/kota di Sulsel yang difasilitasi oleh Lembaga Donor Internasional ini. Hebatnya, Barru konsisten mendapat pendampingan setelah berakhirnya USAID Kinerja dan USAID IUWASH Plush pada tahun sebelumnya.

Baca Juga : Bupati Barru Minta Percepatan Realisasi Proyek APBD 2024 dan Telusuri Bantuan Beras yang Hilang

"Alhamdulillah, koordinasi antara pemerintah daerah dengan mitra utama USAID MADANI dalam hal ini Perkumpulan Pertanian Organik (PPO) Daun Hijau dan FC USAID MADANI dapat berkolaborasi dengan baik sehingga semua tetap terlaksana sesuai harapan," beber Suardi.

Sementara, Direktur DRG USAID Madani, Walter Doetsch, mengucapkan terima kasih atas sambutan Bupati Barru yang luar biasa.

"Ini adalah kunjungan kita yang pertama kalinya di Sulawesi Selatan. Kami berharap bisa bekerja sama dengan baik dan menyenangkan kami berada di Sulawesi Selatan," ujarnya.

Baca Juga : Suardi Saleh Jabarkan Empat Instruksi Pj Gubernur Sulsel di Apel Perdana Pascalebaran

Tokoh USAID Indonesia ini memahami dan menyadari bahwa pandemi COVID-19 juga menjadi kendala sehingga baru bisa berkomunikasi langsung dengan Pemkab Barru.

"USAID menjalankan program ini hingga 2025 nantinya, salah satu fokus kita adalah memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah. Supaya pada saat kerja sama ini berjalan dengan erat maka kita memiliki kekuatan untuk melayani masyarakat," jelasnya.

Hadir pada kesempatan ini, yakni Ahmad Qisa'i (DRG), Mispan Indarjo (DRG), Pietra Widiadi (Local Gevernance Spesialist), Danumurthi Mahendra (Comucation Specialist), Abustan (Sekretaris Daerah Barru), pada kepada perangkat daerah, Darwis (Field Coordinator), dan Rostina (Direktur PPO Daun Hijau). (*)

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh #USAID Madani