Senin, 09 Mei 2022 11:43

Menaker Ida Imbau Pegawai Swasta WFH Saja Dahulu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah.

"Tentunya, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja," kata Ida Fauziyah.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mengimbau agar pegawai swasta yang mudik untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH).

"Sebagaimana imbauan Bapak Presiden Jokowi bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idulfitri tahun ini, untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik," kata Ida dalam keterangan resmi, Senin (9/5/2022).

Hal ini untuk menghindari pemudik kembali pada puncak arus balik dan mengurai kemacetan. Puncak arus balik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Baca Juga : Kemenaker Terima 2.303 Aduan Pembayaran THR

Ida menyarankan pengusaha berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pekerja atau buruh yang mudik Lebaran. "Tentunya, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja," tuturnya.

Menurutnya, pengusaha dan buruh dapat berdialog dan berkoordinasi secara intensif untuk mewujudkan hal tersebut. Adapun salah satu substansi yang dapat didiskusikan adalah melakukan pekerjaan secara remote atau sistem WFH.

"Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi kita di mana pengaturan ini pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi COVID-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik," bebernya.

Baca Juga : Bila Tanggal Pembayaran THR Sudah Lewat, Segera Laporkan di Sini!

"Namun begitu, sekali lagi, pelaksanaannya tentu berdasarkan atas kesepakatan bersama dan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku," tambahnya. (*)

#Kementerian Ketenagakerjaan #Ida Fauziyah #wfh #Pegawai Swasta