Jumat, 29 April 2022 13:40

Karantina Pertanian Parepare Gagalkan Penyelundupan Burung

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi, Jalak Kebo
Ilustrasi, Jalak Kebo

Penyisiran kemudian dilakukan di setiap sudut dan area kapal hingga akhirnya ditemukan 19 kotak yang berisi burung

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ratusan ekor burung yang akan diselundupkan masuk Parepare berhasil digagalkan oleh Karantina Pertanian Parepare Wilayah Kerja Pelabuhan Cappaujung bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan TNI AL. ratusan burung asal Samarinda tersebut diangkut menggunakan kapal kargo, Kamis (28/4/2022).

Wahyuddin, selaku Pejabat Karantina Pertanian Parepare mengatakan sekitar pukul 04.30 WITA, saat Pejabat Karantina Pertanian Parepare melakukan pengawasan bersama KSOP dan TNI AL terhadap kapal kargo, menemukan dua keranjang plastik di bawah dek kapal yang setelah diperiksa ternyata berisi burung.

Penyisiran kemudian dilakukan di setiap sudut dan area kapal hingga akhirnya ditemukan 19 kotak yang berisi burung, di antaranya jalak kerbau 400 ekor, cucak keling 29 ekor, cucak kurincang 39 ekor, dan ada beberapa ekor burung yang mati yakni satu ekor cucak kurincang dan delapan ekor murai batu.

Baca Juga : Enam Siswa SMA 1 Barru Ikuti Kompetisi SAINS Tingkat Sulsel

“Selain pencegahan penyakit, UU Nomor 21 Tahun 2019 juga mengamanatkan kami untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap satwa liar dan satwa langka. Burung-burung ini akan dikembalikan ke Kalimantan dan kami segera berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam untuk tindakan lebih lanjut," imbuh Wahyu.

Andi Faisal selaku Kepala Karantina Pertanian Parepare menyampaikan akan terus memperketat pengawasan terhadap peredaran satwa. Kerja sama dengan semua pihak pun akan terus ditingkatkan dari mulai unsur masyarakat hingga instansi terkait lainnya.

Semoga upaya bersama dalam menjaga kelestarian sumber daya alam negeri ini dapat berdampak positif dengan semakin menurunnya kasus penyelundupan satwa, tutup Andi Faisal.

Baca Juga : 450 Ekor Sapi Akan Dikirim ke Jakarta Melalui Kapal Khusus di Pelabuhan Parepare

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Penyelundupan #parepare #sulsel