Kamis, 28 April 2022 22:34

Pemprov Sulsel Hadirkan Layanan Mudik Gratis 28 Hingga 30 April

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Adapun rute diantaranya Makassar - Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hadirnya layanan mudik gratis oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat sambutan hangat oleh kalangan mahasiswa. Program ini dinilai sangat membantu.

“Kami memandang ini salah satu inovasi dan bisa jadi percontohan, karena baru ada pertama kali Pemerintah Provinsi yang memfasilitasi teman-teman mahasiswa dan masyarakat umum untuk mudik secara gratis dan difasilitasi secara logistik. Jadi menurut saya, ini jadi inovasi percontohan dan kedepannya harapannya kegiatan seperti ini mampu menjaring mahasiswa maupun organisasi,” ungkap Presiden BEM Unhas Imam.

Senada dengan itu, salah satu mahasiswa asal Luwu, Muhammad Rezki mengapresiasi langkah yang diinisiasi oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman tersebut.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

“Kami dari Pengurus Pusat IPMIL sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel dalam menyediakan armada bus gratis. Mahasiswa yang dari Kabupaten Luwu hingga Luwu Timur di Makassar sekitar 200 orang. Alhamdulillah mudik gratis ini sangat membantu,” tuturnya.

Menurutnya, dengan layanan ini akan membantu masyarakat dalam mengurangi biaya pulang kampung.

“Insya Allah, perjalanan kami lancar aman dan sampai ditujuan,” pungkasnya.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Sementara itu, Ketua Umum Badko HMI Sulselbar, A. Ikram Rifqi menyebut program ini menunjukkan bentuk kepedulian Gubernur kepada adik-adik pemuda dan mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di Kota Makassar sebagai Ibu Kota Provinisi Sulawesi Selatan yang rindu dengan kampung halaman dalam menyambut Hari Kemenangan umat Muslim bersama keluarga.

"Mudik gratis ini di sambut antusias oleh para mahasiswa dan pemuda, dan menurut saya program ini perlu di pertahankan setiap tahun karena sangat membantu teman-teman yang sedang menempuh study kuliah di Makassar,” jelasnya.

Diketahui, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman melepas pelaksanaan mudik gratis bagi mahasiswa dan masyarakat umum di pelataran Rujab Gubernur, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

Pemprov Sulsel menyiapkan 20 kendaraan terdiri dari 16 unit bus dan 4 unit truk yang akan mengangkut kendaraan motor bagi pemudik yang ingin membawa kendaraannya. Diperkirakan melayani sekitar 1200 orang dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum yang akan berangkat pada tanggal 28 hingga 30 April 2022.

Adapun rute diantaranya Makassar - Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel.

Untuk pemudik menuju wilayah selatan, titik kumpul di Terminal Cappa Bungaya, sedangkan untuk wilayah utara berkumpul di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel.

Baca Juga : Peringatan Nuzululqur’an di Bone, Pemprov Sulsel Berbagi Bahagia dan Penghargaan

“Alhamdulillah, kita melepas pelaksanaan mudik gratis untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Sasarannya untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua. Untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Kita berharap melalui mudik gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat merayakan lebaran idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman masing-masing,” ujar Andi Sudirman.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Ramadhan