Minggu, 17 April 2022 16:11

Berusia 240, Masjid Babul Khaer Tertua di Jeneponto

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masjid Babul Khair
Masjid Babul Khair

Dibangun oleh Karaeng Tolo' (Raja Tolo') pada tahun 1782

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Masjid Babul Khaer atau Masjid Toa dikenal menjadi satu-satunya masjid tertua di Kabupaten Jeneponto Sulsel di Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara. 

Masjid ini dibangun oleh Karaeng Tolo' pada tahun 1782.

Masjid tersebut berjarak sekitar 50 meter dari rumah adat Kerajaan Tolo' atau Karaeng Tolo' (Raja Tolo'). Bangunan Masjid Babul Khaer awalnya berdinding alang alang dari atap nipa. Namun, belakangan beberapa bagian sudah mengalami perubahan termasuk atap dan dinding.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

“Dinding dan atapnya sudah berubah, akan tetapi arsitektur serta luasnya tidak berubah dan empat tiang penyangga serta ukurannya,” jelas Rasid salah satu tokoh masyarakat Tolo'.

Selain itu, kata Rasid, Masjid Babul Khaer ini masih memakai kayu lama yang dibangun sejak tahun 1782. Usia kayu bersama masjid itu dikirakan sudah dua ratus tahun lebih. Adapun lebarnya tak pernah berubah, tetap 9×9 meter.

Masjid ini dibangun oleh Karaeng Tolo (Raja Tolo) bernama Pateala Karaeng Nyauru dan para pembesar kerajaan lainnya dan dilanjutkan oleh Karaeng Rola, selaku keluarga Kerajaan Tolo. ” ucap Rasid yang juga dikenal sebagai marbot masjid Babul Khaer.

Baca Juga : Sabung Ayam di Jeneponto Berujung Tragis, 1 Tewas dan Dua Orang Kritis di Rumah Sakit

“Di masjid ini juga, empat tiang penyangganya masih kokoh dan belum diubah sama sekali. Perlu ditahu, kalau pemerintahan Pateala Karaeng Nyauru itu, dulunya menguasai kaki Gunung Lompobattang, sebelah utara Rumbia,” tutup Rasid.

 

Penulis : Samsul Lallo
#Ramadhan #masjid #jeneponto