Senin, 11 April 2022 09:33

Jersei "Tangan Tuhan" Maradona Diperkirakan Akan Terjual Rp75 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Mirror)
(Foto: Mirror)

Gelandang Inggris, Steve Hodge, mendapatkan jersei Diego Maradona setelah pertandingan dan mengumumkan bahwa ia akan melelangnya setelah 19 tahun dipajang di National Football Museum Inggris.

RAKYATKU.COM - Jersei yang dikenakan Diego Maradona ketika ia mencetak dua gol paling terkenal dalam sejarah sepak bola dilelang.

Maradona mengenakan nomor punggung 10 pada perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris di Meksiko. Enam menit memasuki babak kedua, ia membawa Argentina unggul dengan meninju bola secara diam-diam ke gawang, sebuah gol yang terkenal sebagai "Tangan Tuhan."

Hanya empat menit kemudian dia menggiring bola sepanjang setengah lapangan sendirian untuk mencetak gol kedua. Gol tersebut dinobatkan sebagai gol terbaik dalam sejarah Piala Dunia berdasarkan jajak pendapat.

Baca Juga : Dianggap Lalai Merawat Maradona hingga Meninggal, 8 Staf Medis Diadili dengan Dakwaan Pembunuhan

Gelandang Inggris, Steve Hodge, mendapatkan jersei Maradona setelah pertandingan dan mengumumkan pada Rabu (6/4/2022) bahwa ia akan melelangnya setelah 19 tahun dipajang di National Football Museum Inggris.

Lelang yang berbasis di London, Sotheby's, memperkirakan jersei itu akan terjual setidaknya USD5,23 juta atau kurang lebih setara Rp75 miliar.

Namun, putri dan mantan istri Maradona meragukan kebenaran tersebut dengan mengatakan Hodge mendapatkan jersei yang dikenakan Maradona di babak pertama, bukan yang ia kenakan saat ia mencetak gol.

Baca Juga : Komandan Angkatan Darat Inggris: Bersiaplah untuk Melawan Rusia dalam Perang Dunia III

Sotheby's mengatakan mereka menggunakan teknologi pencocokan foto untuk "secara meyakinkan" mencocokkan jersei dengan tujuan "memeriksa detail unik pada berbagai elemen item, termasuk tambalan, garis, dan penomoran."

Sponsored by MGID

Lelang daring akan berlangsung antara 20 April dan 4 Mei. (*)

Sumber: Reuters, VOA Indonesia

#Diego Maradona #Argentina #Inggris #Steve Hodge #Piala Dunia 1986