Selasa, 15 Maret 2022 16:32

Sebut Jilbab Bukan Bagian Praktik Penting dalam Islam, Pengadilan India Kuatkan Larangan Jilbab di Sekolah

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengadilan India memutuskan larangan jilbab di sekolah (Foto REUTERS/Sunil Kataria)
Pengadilan India memutuskan larangan jilbab di sekolah (Foto REUTERS/Sunil Kataria)

"Kami berpendapat bahwa mengenakan jilbab oleh wanita Muslim tidak menjadi bagian dari praktik keagamaan yang penting dalam keyakinan Islam," kata Ketua Hakim Ritu Raj Awasthi dari Pengadilan Tinggi Karnataka dalam putusannya.

RAKYATKU.COM,-- Pengadilan negara bagian Karnataka, India pada Selasa (15/3/2022) menguatkan larangan mengenakan jilbab bagi wanita muslim di ruang kelas. 

"Kami berpendapat bahwa mengenakan jilbab oleh wanita muslim tidak menjadi bagian dari praktik keagamaan yang penting dalam keyakinan Islam," kata Ketua Hakim Ritu Raj Awasthi dari Pengadilan Tinggi Karnataka dalam putusannya.

Dia mengatakan pemerintah memiliki kekuatan untuk meresepkan pedoman yang seragam, menolak berbagai petisi yang menentang larangan yang diperintahkan oleh Karnataka.

Baca Juga : Pengakuan Korban Selamat Tabrakan Kereta di India: Saya Lihat Orang Kehilangan Tangan, Kehilangan Kaki

“Kami berpendapat bahwa pemberian seragam sekolah hanyalah pembatasan yang wajar secara konstitusional yang tidak dapat ditentang oleh siswa,” kata Awasthi.

Bulan lalu negara bagian Karnataka Selatan telah mengeluarkan larangan bagi siswi dan mahasiswi muslim untuk mengenakan jilbab di sekolah.

Larangan itu telah memicu protes oleh beberapa siswi dan orang tua Muslim, menurutnya itu adalah cara lain untuk meminggirkan komunitas muslim yang menyumbang sekitar 13 persen dari 1,35 miliar penduduk India yang mayoritas Hindu.

Baca Juga : Terus Bertambah, Korban Tewas Tabrakan Kereta Api di India 233 Orang

Ayesha Imthiaz, seorang mahasiswi sarjana tahun ketiga di distrik Karnataka di Udupi tempat protes dimulai, mengatakan dia akan keluar dari perguruan tinggi yang dibantu pemerintah atau memilih kursus korespondensi.

Imthiaz juga mengatakan bahwa rekan-rekan siswi muslim lainnya berencana untuk melakukan hal yang sama.

"Kami tidak bisa melepas hijab, kami tidak akan melepas hijab.Kami memiliki ujian semester lima bulan depan. Kami harus mengabaikannya kecuali jika keadaan berubah saat itu," ujarnya.

Baca Juga : Tabrakan Kereta Api di India, 207 Orang Tewas-900 Luka-Luka

Pada saat putusan pihak berwenang Karnataka mengumumkan penutupan sekolah dan perguruan tinggi dan memberlakukan pembatasan pertemuan publik di beberapa bagian negara bagian untuk mencegah potensi masalah.

Sumber: REUTERS

#larangan jilbab #India #sekolah #Pengadilan Tinggi