Jumat, 11 Maret 2022 20:11

Wali Kota Meksiko Tewas Ditembak OTK saat Bepergian dengan Kendaraan Dinas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Elpais/Gilberto Vergara)
(Foto: Elpais/Gilberto Vergara)

Wali Kota Aguililla, Cesar Valencia, ditembak saat bepergian dengan kendaraan dinas di dekat sebuah lapangan sepak bola di kota setempat.

RAKYATKU.COM - Seorang wali kota di Meksiko tewas ditembak sejumlah orang tak dikenal (OTK). Penembakan terjadi di negara bagian Michoacan yang diguncang perang para kartel narkoba.

Dilansir AFP, Jumat (11/3/2022), sejumlah personel militer Meksiko yang dikerahkan ke lokasi penembakan menuturkan bahwa Wali Kota Aguililla, Cesar Valencia, ditembak penyerang tak dikenal pada Kamis (10/3/2022) waktu setempat.

Valencia ditembak saat bepergian dengan kendaraan dinas di dekat sebuah lapangan sepak bola di kota setempat. Menurut laporan, Valencia mengalami sedikitnya dua luka tembakan di bagian dada dan leher.

Baca Juga : 100 Orang Lebih Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem di Meksiko

"Kami mengecam keras pembunuhan itu," tegas Gubernur Michoacan, Alfredo Ramirez Bedolla, dalam pernyataan via Twitter.

"Saya telah merilis instruksi untuk menyelidiki peristiwa itu secara menyeluruh ... dan untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab," imbuhnya.

Diketahui, kartel narkoba setempat kerap terlibat bentrokan untuk memperebutkan kendali atas rute penyelundupan narkoba di Michoacan.

Baca Juga : Hasil Piala Dunia: Argentina Kalahkan Meksiko, Messi Cetak Satu Gol

Belum diketahui jelas motif penembakan terhadap Valencia. Namun, para wali kota dan politikus daerah di Meksiko kerap menjadi korban tindak kekerasan yang berkaitan dengan korupsi dan jalur perdagangan narkotika senilai miliaran dolar Amerika Serikat. (*)

#Meksiko #Kartel narkoba